Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gendut Hanya di Kantor

Kompas.com - 07/03/2013, 07:30 WIB

Vietnam melarang polisi lalu lintas yang gendut bertugas di jalanan ibukota Hanoi dan hanya boleh bekerja di dalam kantor. Selain itu polisi yang dianggap terlalu pendek juga kelak hanya mendapat tugas-tugas di dalam kantor.

Kebijakan ini ditempuh untuk memperbaiki citra polisi lalu lintas di mata masyarakat umum. Namun tidak disebutkan rincian tentang batasan berat dan tinggi badan untuk masuk dalam kelompok gendut.

Kepala Kepolisian Lalu Lintas Hanoi, Kolonel Dao Vinh Tang, mengatakan bahwa mereka kini sedang menyusun daftar para polisi gendut dan pendek tersebut.

"Polisi dengan perut gendut atau yang terlalu pendek akan dipindahkan ke kerja kantor untuk mencegah mereka melakukan kontak dengan masyarakat," tutur Vinh Tang kepada kantor berita AFP. "Ini merupakan strategi untuk meningkatkan citra polisi lalu lintas Hanoi pada tahun 2013."

Kepolisian Lalu Lintas Vietnam -menurut sebuah penelitian yang didukung Bank Dunia beberapa waktu lalu- merupakan lembaga yang paling korup di negara itu.

Namun sejumlah upaya perbaikan sudah ditempuh, antara lain larangan menggunakan kaca mata hitam saat bertugas.

Selain itu mereka juga diminta tidak bersembunyi di balik pohon dan tiba-tiba menangkap pelanggar lalu lintas untuk mendapat 'denda'.

Di Indonesia, Kepolisian Resort Bandung mengharuskan para polisi gendut mengikuti program pelangsingan badan lewat kegiatan olahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com