Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Hamas Puji Serangan Mobil di Jerusalem

Kompas.com - 05/11/2014, 22:23 WIB
GAZA CITY, KOMPAS.com — Kelompok Hamas, Rabu (5/11/2014), memuji serangan mobil maut di Jerusalem oleh salah seorang anggotanya. Hamas menyebutnya sebagai respons alami terhadap kejahatan pendudukan Israel.

"Hamas memberi hormat kepada pahlawan Ibrahim al-Akari, seperti juga Abdelrahman Shaludi dan Muataz Hijazi," demikian pernyataan resmi Hamas menyebut para pelaku serangan di Jerusalem.

Akari (38), yang diidentifikasi kepolisian Israel sebagai warga kawasan Shuafat, Jerusalem timur, menabrak para pejalan kaki sebelum keluar dari mobilnya dan menyerang warga menggunakan tongkat besi.

Hamas mengatakan, Akari adalah saudara dari seorang laki-laki yang dibebaskan dari penjara Israel pada 2011 untuk ditukar dengan prajurit Gilad Shalit yang diculik.

"Apa yang dilakukan Akari adalah sebuah respons alami atas kejahatan pendudukan Israel atas Masjid Al-Aqsa dan Jerusalem timur," ujar juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri.

Lebih jauh Abu Zuhri menyerukan agar semua warga Palestina menggunakan berbagai cara untuk melawan pendudukan Israel atas Masjid Al-Aqsa.

Pada 22 Oktober lalu, Abdelrahman Shaludi, dari wilayah Silwan, Jerusalem timur, menabrak kerumunan orang dan menewaskan dua orang. Dia akhirnya ditembak mati polisi.

Sepekan kemudian, Hijazi, juga dari Jerusalem timur, menembak seorang tokoh Yahudi garis keras. Pria itu akhirnya ditembak mati polisi Israel yang menggerebek kediamannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com