Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Meksiko Tangkap Gembong Kartel Narkoba Juarez

Kompas.com - 10/10/2014, 10:14 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com - Kepolisian Meksiko berhasil menangkap pemimpin kartel narkoba Juarez Vicente Carrillo Fuentes, Kamis (9/10/2014). Pria yang juga dikenal dengan nama El Viceroy itu diyakini memicu perang antar-geng narkoba yang mengakibatkan tewasnya ribuan orang.

Mengenakan kemeja biru dan celana jins, Carrillo Fuentes dipamerkan di depan kamera televisi di bandara Mexico City sebelum digiring ke dalam sebuah helikopter oleh seorang anggota polisi federal yang mengenakan penutup wajah.

Gembong narkoba ini ditangkap setelah aparat kepolisian di sebuah pos pemeriksaan saat sedang mengendarai mobilnya di Torreon, sebuah kota di negara bagian Coahuila. Saat ditangkap Carrillo bersama dengan salah seorang pengawalnya. Beruntung polisi berhasil menangkap keduanya tanpa memuntahkan satupun peluru.

"Ini hasil kerja keras intelijen. Fuentes didakwa terlibat dalam kejahatan terorganisasi dan penyelundupan narkoba," kata Komisioner Keamanan Nasional, Monte Alejandro Rubido.

Penangkapan gembong narkoba berusia 51 tahun itu memberikan kemenangan baru untuk Presiden Enrique Pena Nieto dalam perang melawan kartel narkoba di tengah amarah nasional kekhawatiran tewasnya 43 mahasiswa oleh para polisi korup di negara bagian Guerrero.

Carrillo Fuentes juga menjadi incaran pemerintah AS yang bahkan menyediakan hadiah 5 juta dolar bagi siapapun yang memberikan informasi untuk menangkap gembong narkoba ini.
Sementara itu, pemerintah Meksiko tak mau kalah dengan menjanjikan uang 2 juta dolar untuk informasi terkait sang pimpinan kartel itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com