Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Somalia Kini Punya Mesin ATM

Kompas.com - 09/10/2014, 10:06 WIB
MOGADISHU, KOMPAS.com - Ada pemandangan baru di ibu kota Somalia, Mogadishu. Di salah satu sudut kota itu kini terpasang sebuah mesin ATM pertama di kota tersebut.

Mesin baru itu mengundang banyak orang datang mengantre, meski beberapa orang terlihat bingung saat akan menggunakan mesin itu untuk pertama kalinya. Demikian dilaporkan BBC.

Mesin ATM itu dipasang oleh Bank Salaam Somali di sebuah hotel mewah di Mogadishu dan bisa digunakan pelanggan untuk menarik uang dolar AS.

Sistem perbankan di Somalia belum berkembang dengan sebagian besar warga negeri itu bertahan hidup dengan mengandalkan kiriman uang dari kerabat mereka di luar negeri.

Buruknya sistem perbankan Somalia adalah "berkat" perang saudara yang berkecamuk di negeri itu selama lebih dari dua dekade, yang melibatkan berbagai suku dan milisi-milisi berbasis agama.

Mata uang resmi Somalia adalah shilling yang nyaris tak ada harganya dan banyak pengusaha serta warga asing memilih melakuakn transaski atau bisnis dengan menggunakan dolar AS.

Nah, mesin ATM pertama di Mogadishu itu memungkinkan warga yang memiliki rekening di bank-bank internasional mengambil uang dari mesin itu. Mereka juga bisa menggunakan kartu kredit seperti Visa, MasterCard atau American Express.

Juru bicara Salaam Somali Bank, Said Abukar menjelaskan untuk sementara mesin ATM itu hanya menyediakan uang dolar AS.

"Kami mungkin akan menambah mata uang asing ke mesin ATM kami di masa depan. Warga diaspora Somalia dan warga asing menyambut baik kehadiran ATM ini. Kami berencana untuk memasang lebih banyak ATM di Mogadishu," tambah Abukar.

Omar Hassan, seorang pengunjung asal Inggris, mengatakan pemasangan mesin ATM ini merupakan sebuah langkah besar bagi Somalia.

"Saya sudah tinggal di Mogadishu lebih lama dari yang saya rencanakan sehingga saya kehabisan uang. Saya tak memercayai keberuntungan saya saat mendengar mesin ATM baru ini," kata Hassan sambil berdiri mengantre di mesin ATM baru itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com