Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Bentuk Bendera Inggris Tanpa Skotlandia?

Kompas.com - 11/09/2014, 22:39 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Keinginan Skotlandia untuk menjadi negara yang merdeka dan lepas dari Inggris Raya membuat sejumlah media Inggris mulai mereka-reka seperti apa bendera negeri itu tanpa Skotlandia kelak.

Bendera Inggris saat ini, yang dikenal dengan nama "Union Jack", merupakan gambaran persatuan Inggris, Skotlandia, dan Irlandia. Desain bendera ini dirancang Raja James VI dari Skotlandia saat dia menjadi Raja Inggris bergelar James I dari Inggris.

Pada 1801, di sekitar masa-masa perang melawan Napoleon, bendera Union Jack seperti yang dikenal saat ini mulai digunakan, termasuk dalam perang-perang besar, seperti Battle of Trafalgar dan Waterloo.

Sebagai respons terkait masa depan bendera nasional Inggris Raya, Flag Institute merilis sejumlah konsep bendera baru yang mewakili Inggris dan Wales.

Dalam survei pembaca harian The Guardian, 35 persen pembaca memilih bendera yang mirip Union Jack. Namun, warna dasar biru diganti dengan warna hitam.

The Guardian dalam salah satu artikelnya menulis bahwa Union Jack yang sangat terkenal itu menjadi simbol Inggris pada masa lalu dan masa modern. "Kenyataannya, kebudayaan pop Inggris secara unik terkait erat dengan bendera ini," demikian artikel The Guardian.

"Pada masa-masa Union Jack menjadi sebuah simbol, Inggris melakukan banyak hal dari sekadar membangun, memerintah, hingga kehilangan kekaisarannya. Bendera ini melambangkan sebuah demokrasi tanpa pertumpahan darah, seperti terjadi di negara lain," demikian dalam artikel itu.

Tanpa Skotlandia, anggota Inggris Raya yang tersisa adalah Inggris, Wales, dan Irlandia Utara. Oleh karena itu, mungkin saja akan muncul bendera Union Jack dengan dasar warna hijau dan seekor naga, seperti yang ada pada bendera Wales.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com