Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Selidiki Meteorit, Nikaragua Minta Tolong AS

Kompas.com - 09/09/2014, 17:12 WIB
MANAGUA, KOMPAS.com - Pemerintah Nikaragua meminta bantuan Amerika Serikat dan organisasi internasional untuk melakukan investigasi sebuah meteorit yang jatuh di dekat ibu kota Managua, yang menghasilkan sebuah "kawah" berdiameter 12 meter.

Juru bicara kepresidenan Rosario Nurillo mengatakan bantuan dari luar negeri sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi terkait meteorit yang jatuh pada Sabtu (7/9/2014) malam.

Sejumlah jurnal sains internasional telah mengungkap ketertarikannya untuk mengirimkan staf mereka untuk menyelidiki meteorit itu. Demikian Rosario Murillo.

Sejumlah pejabat Nikaragua yakin meteorit yang jatuh itu adalah bagian dari sebuah asteroid kecil bernama "2014 RC" yang melintas sangat dekat dengan Bumi yang diperkirakan berukuran sebesar sebuah rumah.

Namun, seorang pakar astronomi Nikaragua Jaime Incer membantah teori itu dan mengatakan asteroid hanya melintas pada jarak 40.000 kilometer dan seharusnya tidak jatuh ke Bumi.

Meski jatuh di dekat bandara internasional di kota Managua yang dihuni 1,2 juta jiwa, meteorit itu tidak menyebabkan kerusakan atau korban karena jatuh di kawasan hutan.

Saat meteorit itu jatuh warga langsung waspada. Beberapa warga malah menduga guncangan yang mereka rasakan adalah gempa bumi yang memang kerap mengguncang negara Amerika Tengah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com