Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Masih Jadi Panutan Sistem MRT

Kompas.com - 23/08/2014, 16:15 WIB

KOMPAS.com — Sampai sekarang, Singapura masih menjadi panutan sistem transportasi cepat dan massal (MRT), khususnya di Asia Tenggara.

Singapura mencatatkan diri sebagai MRT tertua kedua di Asia Tenggara setelah Manila. MRT Singapura dibuka pada 7 November 1987 dengan tulang punggung moda kereta rel listrik (KRL) antara Stasiun Yio Chu Kang dan Stasiun Toa Payoh.

Hingga kini, MRT Singapura mempunyai tujuh stasiun dengan panjang jalur 129,7 kilometer. Rerata per hari, MRT mengangkut hingga 3.000 penumpang. Layanan MRT beroperasi mulai pukul 05.30 waktu setempat hingga sekitar pukul 01.00 waktu setempat.

Menurut pandangan CEO Lippo Homes Ivan Setiawan Budiono, hari ini, sistem MRT yang juga terintegrasi tersebut patut dicontoh oleh Indonesia. "Moda utamanya paling ideal memang kereta api," tuturnya.

MRT, dalam pandangan Ivan, saat ini pun menjadi unggulan para pengembang untuk menyasar konsumen yang terkendala kemacetan lalu lintas seperti halnya di Jakarta dan kawasan penyangga sekitarnya. "Lalu lintas yang lancar kan menjadi salah satu kenyamanan bagi konsumen," katanya.

Satu arah

Sementara itu, pada peluncuran kondominium Hilcrest House, Sabtu (23/8/2014), PT Lippo Karawaci Tbk memperkenalkan pembangunan terintegrasi di kawasan Millenium Village, Lippo Karawaci. Pengembang berkode emiten LPKR di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini menggelontorkan dana investasi hingga Rp 200 triliun untuk proyek ini.

Catatan menunjukkan, kawasan Millenium Village berada di dalam Lippo Village CBD. Luas Lippo Village CBD 132 hektar. Dari jumlah itu, 70 hektar merupakan luas Millenium Village.

Hillcrest House, terang Ivan, menawarkan 239 unit yang tersebar pada 30 lantai. Tiap lantai terdiri dari sekitar delapan unit.

Menurut penjelasan Ivan, sistem lalu lintas di kawasan Hillcrest House akan diatur dengan sistem satu arah. Cara ini diharapkan akan membebaskan kemacetan di dalam dan sekitar kawasan. "Karena kendaraan bergerak terus," demikian Ivan Setiawan Budiono.

primus CEO Lippo Homes Ivan Setiawan Budiono. Menurutnya, moda transportasi terintegrasi menjadi kebutuhan konsumen yang tinggal di perumahan-perumahan sebagai salah satu fasilitas kenyamanan. Seperti halnya di Singapura, moda transportasi cepat dan massal paling ideal adalah kereta api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com