Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi Guncang Afsel, 1 Tewas

Kompas.com - 05/08/2014, 20:34 WIB
JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Sebuah gempa bumi berkekuatan 5,3 skala Richter mengguncang kota Johannesburg, Afrika Selatan, Selasa (5/8/2014), menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai tiga orang lainnya.

Badan Survei Geologi AS (USGS) menyebut pusat gempa ini berada di kota Orkney, sebuah kota tambang yang berjarak 170 kilometer sebelah baratdaya kota Johannesburg.

Juru bicara tim tanggap darurat Afrika Selatan Werner Vermaak mengatakan, satu orang tewas setelah dinding sebuah gedung kosong runtuh dan menimpa korban.

"Manajer tambang memerintahkan evakuasi pekerja dan dikabarkan tidak ada korban pekerja tambang di lokasi kerja," tambah Vermaak.

Petugas tanggap darurat lainnya, Russel Meiring mengatakan setelah gempa berakhir lokasi pertambangan dinyatakan aman dan para petambang sudah kembali bekerja. Sementara, tiga orang terluka ketika gempa mengakibatkan sebuah pusat pelatihan di lokasi pertambangan rusak.

"Atap bangunan memang rontok dan berjatuhan namun tidak ada petambang yang mengalami cedera serius," kata Phoka Sefali, petugas di sebuah rumah sakit di Orkney.

Gempa bumi menjadi kekhawatiran utama berbagai perusahaan tambang yang beroperasi di Johannesburg, kota terbesar di provinsi Gauteng. Secara tradisional, pertambangan adalah pilar industri Afrika Selatan.

Guncangan gempa ini juga dirasakan di ibu kota Afrika Selatan, Pretoria dan kota wisata Hartbeespoort.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com