Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Sorban Tewaskan Sepupu Presiden Afganistan

Kompas.com - 29/07/2014, 18:47 WIB
KANDAHAR, KOMPAS.com - Sepupu Presiden Afganistan Hamid Karzai, Selasa (29/7/2014), tewas dalam serangan bom bunuh diri di tengah meningkatnya ketegangan akibat sengketa hasil pemilihan presiden negeri itu.

Hashmat Karzai adalah salah satu tim sukses salah seorang kandidat presiden Ashraf Ghani untuk wilayah provinsi Kandahar. Ghani kini menjadi salah satu kandidat presiden yang terlibat dalam sengketa pemilihan presiden yang dikhawatirkan memicu kerusuhan etnis.

Hashmat, yang dikenal memiliki seekor singa sebagai peliharaan itu, tewas di kediamannya di luar kota Kandahar setelah seorang tamu pria yang menyembunyikan bom di sorbannya meledakkan diri. Insiden itu terjadi di saat Hashmat menggelar open house untuk merayakan hari raya Idul Fitri.

"Seorang pelaku bom bunuh diri yang menyamar sebagai tamu datang ke kediaman Hashmat Karzai untuk menyalami dia. Setelah dia memeluk Hashmat, dia meledakkany bom menewaskan Hashmat," kata juru bicara pemerintah provinsi Kandahar, Dawa Khan Minapal.

Ashraf Ghani dan pemimpin oposisi Abdullah Abdullah terlibat sengketa pasca-putaran kedua pemilihan presiden pada 14 Juni lalu.

Ghani memenangkan pilpres berdasarkan penghitungan awal, namun audit hasil pemilihan digelar setelah Abdullah menolak menerima hasil pemilu karena menuduh telah terjadi kecurangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com