Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB: Dalam Enam Bulan, 5.500 Orang Tewas di Irak

Kompas.com - 18/07/2014, 20:00 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Kekerasan yang terjadi di Irak selama enam bulan pertama tahun ini sudah mengakibatkan 5.500 orang kehilangan nyawa. Demikian laporan terbaru PBB, Jumat (18/7/2014).

Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan kelompok-kelompok militan Sunni lainnya menguasai kota Fallujah dan sebagian kota Ramadi di Provinsi Anbar sejak Januari lalu.

Selanjutnya gabungan kelompok militan di bawah komando ISIS melakukan serangan kilat yang berhasil mencaplok wilayah luas di sebelah utara dan barat ibu kota Baghdad.

Dalam laporan ini, misi PBB di Irak mengatakan setidaknya 5.576 orang warga negeri itu tewas dan 11.655 terluka mulai 1 Januari hhigga akhir Juni lalu. Sementara itu sebanyak 1,2 juta warga lainnya terpaksai meninggalkan kediaman mereka karena adanya ancaman kekerasan.

Pertambahan korban tewas di Irak selama enam bulan terakhir ini menunjukkan peningkatan drastis dibanding tahun lalu. Di sepanjang 2013, PBB melaporkan "hanya" 7.800 orang tewas akibat kekerasan di Irak dan angka ini merupakan jumlah korban tewas terbanyak di Irak selama bertahun-tahun.

"Pertempuran telah mengakibatkan kesusahan dan penderitaan untuk warga sipil serta mengakibatkan kehancuran bagi mata pencaharian serta properti warga," demikian laporan PBB.

Laporan itu juga menyebut pelanggaran HAM yang dilakukan kelompok militan dan pasukan pemerintah Irak sama-sama mengarah pada kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang.

Lebih jauh, PBB mengatakan ISIS dan sekutu-sekutunya telah melakukan "kekerasan sistematis" terhadap warga sipil berupa pembunuhan, kekerasan seksual, penculikan, penghancuran properti, dan serangan terhadap tempat ibadah.

PBB juga mencatat kekerasan yang dilakukan pasukan pemerintah Irak misalnya eksekusi tahanan dan tawanan perang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com