Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tangkap Aktivitas Rudal Ukraina di Saat Jatuhnya Malaysia Airlines #MH17

Kompas.com - 18/07/2014, 17:50 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Kementerian Pertahanan Rusia, Jumat (18/7/2014), mengatakan, telah menangkap aktivitas sebuah sistem radar Ukraina pada saat Malaysia Airlines MH17 jatuh di wilayah timur Ukraina. Demikian biro pers Kemenhan Rusia.

"Sepanjang 17 Juli, fasilitas radar Rusia mencegat operasional baterai Buk-M1 Kupol yang terletak di kawasan Styla (30 kilometer sebelah selatan Donetsk)," demikian Kementerian Pertahanan Rusia.

"Kemampuan teknis Buk-M1 memungkinkan pertukaran data sasaran udara antarbaterai di satu batalyon. Sehingga, peluncuran roket kemungkinan terjadi dari salah satu baterai yang berada di wilayah Avdeevka (8 km utara Donetsk) atau dari Gruzsko-Zoryanskoe (15 km timur Donetsk)," lanjut Kemenhan Rusia.

Boeing 777 milik Malaysia Airlines terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur jatuh di dekat kota Torez, kawasan Donetsk dan menewaskan seluruh penumpangnya.

Pemerintah Ukraina menuding milisi pro-Rusia di kawasan Donetsk yang bergolak sebagai pelaku penembakan pesawat dengan nomor penerbangan MH17 itu. Namun, tudingan itu dibantah kelompok pemberontak dengan alasan mereka tak memiliki senjata yang mampu mengenai sasaran yang terbang di ketinggian 10.000 meter.

Kini, Pemerintah Ukraina dan Malaysia Airlines tengah menginvestigasi tragedi itu. Selain petugas lokal, para penyidik dari FBI, termasuk Komite Penerbangan Antarnegara Bagian (IAC), dan para pakar Interpol ikut menyidik kasus ini.

Sementara itu, ABC News mengabarkan Pemerintah AS sudah mengirim para penyidik FBI dan Badan Keselamatan Transportasi Nasional ke lokasi kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com