Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas Juga Sepakati Gencatan Senjata Selama 5 Jam

Kompas.com - 17/07/2014, 10:20 WIB
GAZA CITY, KOMPAS.COM — Kelompok Hamas, Kamis (17/7/2014), sepakat untuk melakukan gencatan senjata sementara di Gaza seperti yang diminta PBB. Atas pertimbangan kemanusiaan, PBB telah mendesak kedua pihak, Hamas dan Israel, untuk melakukan gencatan senjata sementara. Masa jeda sementara itu bisa digunakan warga Palestina untuk memasok barang-barang kebutuhan pokok mereka.

"Kelompok ini menyetujui gencatan senjata selama lima jam" mulai pukul 10.00 waktu setempat (atau pukul 14.00 WIB) hari Kamis ini, kata Juru Bicara Hamas, Sami Abu Zukhri, dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, militer Israel mengatakan telah menerima permintaan PBB untuk menghentikan serangan di Jalur Gaza yang disebut oleh seorang pejabat senior PBB sebagai "jeda kemanusiaan". "Pukul 10.00 hingga 15.00 (atau pukul 14.00-19.00 WIB), Angkatan Pertahanan Israel akan menghentikan kegiatan operasional di dalam Jalur Gaza dan menahan tembakan," demikian pernyataan militer itu.

Abu Zukhri mengatakan hal yang sama. "Faksi-faksi Palestina sepakat untuk menerima tawaran PBB demi mendinginkan suasana di lapangan selama lima jam mulai pukul 10.00 pagi," katanya kepada AFP.

"Adalah kepentingan semua warga Gaza, demi memberi mereka kesempatan untuk pergi ke rumah sakit, mendapatkan pelayanan kesehatan atau mendapatkan makanan," kata koordinator khusus PBB untuk proses perdamaian Timur Tengah, Robert Serry, kepada televisi Channel Two Israel pada Rabu malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com