Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disangka Pemberontak, Helikopter Irak Tembaki Mobil Polisi

Kompas.com - 20/06/2014, 16:42 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Awak sebuah helikopter tempur Irak, Jumat (20/6/2014), salah mengidentifikasi sebuah patroli polisi sebagai pasukan pemberontak. Akibatnya, awak helikopter itu melepaskan tembakan yang menewaskan seorang warga sipil.

Insiden itu terjadi di kota Dhuluyiyah, sebuah kota kecil di sebelah utara Baghdad yang sempat berada di bawah kendali Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) namun sudah direbut kembali pasukan pemerintah.

Sejumlah saksi mata mengatakan helikopter militer yang berputar-putar di atas kota itu melihat mobil patroli polisi sedang meluncur di jalanan. Sayangnya, awak helikopter itu mengira mobil yang melaju tersebut adalah milik pemberontak.

Helikopter itu langsung menembaki mobil patroli tersebut, serta menembaki sejumlah rumah di dekatnya.

Dhuluiyah adalah salah satu kota terdekat dengan Baghdad yang sempat diduduki pasukan ISIS. Di awal gelombang serangan ISIS, militer Irak bertempur sangat buruk, sebagian dari mereka malah membuang seragam mereka dan kabur.

Namun, kini pasukan Irak nampaknya sudah pulih dari keterkejutan dan mulai memperkuat posisi di sejumlah wilayah meksi di beberapa wilayah lain ISIS masih terus maju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com