Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Kelompok Militan Mesir Dikabarkan Tewas

Kompas.com - 23/05/2014, 16:21 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Pemimpin kelompok militan yang dianggap paling berbahaya di Mesir Ansar Bayt al-Maqdis dikabarkan tewas bersama tiga anggota senior kelompok itu dalam sebuah penggerebekan. Demikian pejabat Mesir menjelaskan, Jumat (23/5/2014).

Sejumlah pejabat tinggi Mesir memastikan, Shadi al-Menei tewas setelah pasukan keamanan Mesir melakukan penyergapan.

Pasukan Mesir menyergap dan menembaki keempat orang itu saat mereka tengah mengendarai sebuah mobil di Sinai tengah karena diduga akan melakukan serangan terhadap sebuah jalur pipa gas.

Seorang juru bicara militer Mesir melalui akun Facebook-nya mengatakan, militer menggelar sebuah operasi yang berujung pada tewasnya enam anggota kelompok ekstremis berbahaya pada Kamis (21/5/2014) malam.

Namun, pejabat keamanan Mesir lainnya mengatakan, Al-Menei dan lima orang anggota kelompoknya tewas karena ditembak penyerang tak dikenal.

Kelompok Ansar Bayt al-Maqdis yang terinspirasi Al Qaeda telah mendalangi sejumlah serangan terhadap aparat keamanan Mesir sejak militer menggulingkan Mohammad Mursi dari jabatannya pada Juli tahun lalu.

Ansar Bayt al-Maqdis memang mengklaim berada di belakang sejumlah serangan yang mengincar aparat keamanan, termasuk upaya pembunuhan gagal terhadap Mendagri Mesir pada September lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com