Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagian Sayap Jatuh, Pesawat Penumpang Kembali ke Landasan

Kompas.com - 16/05/2014, 11:38 WIB
LONDON, KOMPAS.com -- Sebuah pesawat CityJet yang terbang dari London City Airport, Inggirs, ke Florence, Italia, dengan 60 orang di dalamnya terpaksa harus kembali ke landasan, Kamis (15/5/2014), setelah ada bagian sayap yang jatuh saat sudah mengudara. Insiden itu tentu saja membuat para penumpang ketakutan.

Bagian sayap itu menjuntai di bawah pesawat ketika pesawat tersebut berputar di atas Thames Estuary untuk kembali ke bandara.

Walau pesawat jenis Avro RJ85 itu rusak, pilot berhasil mendaratkan pesawat setelah melakukan diskusi lewat radio dengan para ahli perawatan di darat.

Wartawan Daily Telegraph, Cole Moreton, yang merupakan salah satu penumpang pesawat itu, berkicau di Twitter, "Pesawat @CityJet kami untuk tujuan Florence mengeluarkan bunyi kencang saat lepas landas dan terpaksa kembali setelah ada bagian sayap yang jatuh." Dia kemudian menambahkan, "Kembali di darat, kondisi @ CityJet tampak cukup buruk."

Seorang juru bicara maskapai penerbangan itu mengatakan, "Penerbangan bernomor WX281 itu baru saja lepas landas dari London City Airport dalam perjalanan ke Florence ketika penutup mekanisme operasi pada bagian sayap terlepas. Para awak mengikuti prosedur standar mereka dan, setelah diskusi dengan CityJet Maintenance Control, diputuskan untuk kembali ke London City Airport. Pengendali Lalu Lintas Udara diberitahu dan pesawat kembali dengan melakukan pendekatan dan pendaratan normal. Para penumpang dipindahkan ke pesawat lain dan akan berangkat lagi, tetapi dengan penundaan dua jam."

Seorang juru bicara City Airport berkata, "Penerbangan CityJet WX281 kembali lagi ke London City Airport karena masalah mekanis. Pesawat itu mendarat dengan selamat dan semua penumpang dan awak turun secara normal."


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com