Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneh, Thailand Gempa...

Kompas.com - 06/05/2014, 04:18 WIB
Ahmad Arif

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gempa mengguncang daratan Thailand, Senin (5/5/2014) pukul 18.08 waktu setempat. Berkekuatan M6, gempa ini dinilai sangat aneh. Daratan Thailand tak pernah punya riwayat gempa maupun sesar.

Data Survei Geologi Amerika (USGS) menyebutkan, pusat gempa berada di 27 kilometer barat daya Kota Chiang Raid dengan kedalaman sangat dangkal, 7,4 kilometer. Gempa ini dilaporkan terasa kuat di Bangkok, ibu kota Thailand, hingga Yangon, ibu kota Myanmar.

“Gempa dengan mekanisme geser ini sangat aneh karena tidak ada aktivitas sesar di sana. Ini kemungkinan sisa energi purba, atau entah ada penyebab lain. Fenomena ini mirip gempa bumi yang tiba-tiba terjadi di Kalimantan, yang selama ini dikenal aman dari gempa,” kata Widjo Kongko, peneliti gempa dan tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

“Dalam radius 100 km dari pusat gempa Thailand ini, dalam 400 tahun hanya ada beberapa gempa kecil. Jadi jelas ini di luar zona seismik yang lazim,” imbuh Widjo.

Widjo mengatakan pula, gempa tersebut telah menyebabkan terjadinya rekahan berukuran 15x7 kilometer dan pergeseran sejauh 1 meter. "Meskipun di luar zona seismik tetap ada potensi gempa, walaupun kemungkinannya sangat kecil. Ini sangat aneh."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com