Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Piala Dunia, Brasil "Habisi" Gelandangan

Kompas.com - 30/04/2014, 12:18 WIB
KOMPAS.com — Pemerintah Brasil bakal mempercantik negeri menyambut perhelatan Piala Dunia 2014. Salah satu cara yang ditempuh adalah "menghabisi" gelandangan di seantero negeri.

Warta Antara pada Rabu (30/4/2014) menunjukkan, polisi Brasil menyemprotkan gas air mata ke arah seribuan gelandangan yang berdemonstrasi di Sao Paulo. Para gelandangan itu melakukan perlawanan dengan pelemparan batu ke arah aparat berwajib tersebut.

Ada satu alasan mendasari unjuk rasa. Pergelaran Piala Dunia 2014 ternyata menunda program perluasan perumahan dan pembangunan di Sao Paulo. Padahal, program-program itu terbilang penting bagi peningkatan kesejahteraan penduduk kota itu.

Sao Paulo adalah satu dari 12 tempat penyelenggaraan Piala Dunia yang akan berlangsung 43 hari lagi. Kota terbesar di Brasil itu akan menjadi tuan rumah pertandingan pertama pada 12 Juni serta sejumlah pertandingan lain.

Sebetulnya, banyak warga Brasil yang marah karena pemerintah kiri menghabiskan dana miliaran dollar AS untuk Piala Dunia. Ironisnya, negara itu menghadapi masalah sosial yang belum tersentuh.

Sao Paulo kini berpenduduk lebih dari 11 juta jiwa. Catatan menunjukkan, di kota itu ada kebutuhan 700.000 rumah tinggal yang belum terpenuhi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com