Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2014, 20:22 WIB

PERTH, KOMPAS.com — Pemerintah Australia, Rabu (23/4/2014), mengatakan, obyek yang ditemukan di pesisir barat negara itu tengah diselidiki apakah terkait dengan pesawat Malaysia Airlines yang hilang.

Badan pencarian gabungan mengatakan, polisi menemukan material itu di dekat kota Augusta, Australia.

Mereka mengatakan tengah meneliti foto-foto obyek itu untuk menentukan apakah diperlukan tes lebih lanjut untuk menentukan kaitannya dengan pencarian MH370.

Sementara itu, Pemerintah Malaysia menyepakati pembentukan penyelidikan internasional untuk mengevaluasi dan mengkaji penyebab hilangnya Malaysia Airlines itu.

"Tujuan utama tim penyelidikan internasional ini adalah untuk mengevaluasi, menyelidiki, dan menentukan penyebab kecelakaan ini sehingga kecelakaan serupa dapat dihindari di kemudian hari," kata Penjabat Menteri Perhubungan Malaysia Hishammuddin di Kuala Lumpur.

Hishammuddin menambahkan, pemerintah telah melanjutkan pertemuan dengan perusahaan minyak Malaysia Petronas dan pihak lain untuk memperluas pencarian laut dalam pesawat itu di bagian selatan Samudra Hindia.

Pesawat tersebut hilang lebih dari tujuh pekan lalu dengan 239 orang, termasuk awak.

Obyek yang disebutkan sebagai logam sepanjang dua meter yang ditemukan di pesisir Australia itu merupakan laporan pertama penemuan puing-puing yang diduga dari MH370 sejak tanggal 4 April lalu.

Awal April lalu, Pemerintah Australia mendeteksi apa yang mereka duga sinyal dari kotak hitam MH370.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com