Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia dan Thailand Bersaing Jadi Lokasi Pembuatan Film Internasional

Kompas.com - 08/04/2014, 13:43 WIB
KOMPAS.com - Malaysia berikhtiar mengejar Thailand sebagai negara di Asia Tenggara yang menawarkan wilayah sebagai lokasi pengambilan gambar film-film internasional. Malaysia menawarkan insentif pajak untuk merayu kru film asing bertandang. "Malaysia juga menyediakan fasilitas studio,"kata Direktur Kantor Film Thailand (TFO) Ubolwan Sucharitakul sebagaimana warta laman Bangkok Post pada Selasa (8/4/2014).

Ubolwan mengakui kalau Thailand memang serius mencermati tingkah-polah Malaysia mengejar ambisi tersebut. "Kini, Malaysia bangkit dan menjadi pesaing terkuat kami,"kata Ubolwan.

Lebih lanjut, Ubolwan Sucharitakul mengatakan, Malaysia saat ini mengandalkan Studio Pinewood Iskandar Malaysia. Studio ini menjadi salah satu ikon Malaysia dengan fasilitas paling memadai di Asia Pasifik. Untuk proyek ini, pemerintah Malaysia melalui Khazanah Nasional Bhd berkongsi dengan Pinewood Studio Inggris.

Catatan menunjukkan, Studio Pinewood Iskandar Malaysia akan rampung pada pertengahan tahun ini. Studio ini punya panggung film seluas 9.300 meter persegi. Lalu ada lagi lahan seluas 2.200 meter persegi untuk studio televisi, perkantoran, ruang pamer, hingga fasilitas pascaproduksi film. Malaysia pun mengklaim memberikan diskon produksi hingga 30 persen andai produksi film internasional dibuat di studio itu.   

Sementara itu, Thailand, bahkan hingga akhir Desember 2015 cuma menawarkan diskon pajak pribadi bagi aktor asing yang melakukan pengambilan gambar di Thailand. "Kami masih menanti keputusan parlemen untuk berbagai insentif baru," kata Ubolwan Sucharitakul.

Rupanya, TFO menunda beberapa produksi film yang mengambil gambar di Thailand pada kuartal pertama 2014 lantaran kisruh politik di negeri gajah putih tersebut. Pada periode Januari dan Februari, Thailand mendapat pemasukan 600 juta baht dari produksi film internasional tersebut. "Sampai dengan akhir tahun ini, kami membidik kenaikan 15 persen menjafdi 2,5 miliar baht," kata Ubolwan Sucharitakul.

Otoritas film Thailand, imbuh Ubolwan, sudah melakukan promosi ke berbagai festival film internasional seperti Cannes, Busan, Tokyo, dan Dubai. Pada 20-29 April nanti, Thailand menggelar Thailand International Film Destination Festival 2014. Pada perhelatan ini, Thailand akan memutar film-film yang pengambilan gambarnya ada di dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com