Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengganggu, Inggris Akan Tindak Telemarketing

Kompas.com - 30/03/2014, 14:25 WIB
LONDON, KOMPAS.COM - Perusahaan-perusahaan telemarketing yang mengganggu masyarakat dengan telepon-telepon penawaran dapat dikenakan penalti di Inggris. Menteri Kebudayaan Inggris, Maria Miller, ingin agar Kantor Komisioner Informasi (ICO) dapat mengambil tindakan terhadap perusahaan-perusahaan tersebut.

Kementerian kehakiman (MoJ) akan mengkonsultasikan penerapan denda dalam jumlah besar, yaitu 20 persen dari total pendapatan tahunan.

ICO menerima 120.310 keluhan mengenai "panggilan telepon pemasaran yang mengganggu" antara April dan November tahun lalu.

Berdasarkan peraturan yang berlaku saat ini, perusahaan hanya bisa dihukum jika "ada kerusakan besar" pada anggota masyarakat akibat telepon-telepon mengganggu itu.

Namun rencana Miller akan menjadikan ambang batas "kerusakan" menjadi lebih rendah. "Telepon yang mengganggu harus dihentikan. Mereka adalah hal yang menjengkelkan dan tidak diinginkan, hal terburuk adalah mereka bisa mengakibatkan stress dan ketakutan, terutama pada orang lanjut usia atau orang yang tidak bisa meninggalkan rumah," kata dia.

"Orang harus merasa aman di rumah mereka. Peraturannya jelas, orang harus punya pilihan untuk memilih akan menerima atau menolak panggilan telepon pemasaran. Kami akan memastikan pilihan mereka dihormati."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com