Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budaya dan Pendidikan, Agenda Michelle Obama Kunjungi China

Kompas.com - 20/03/2014, 19:53 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Ibu negara AS, Michelle Obama, Kamis (20/3/2014), malam tiba di Beijing, untuk kunjungan selama sepekan untuk mempromosikan pendidikan dan kebudayaan.

Michelle, seorang pengacara lulusan Harvard, dijadwalkan bertemu ibu negara China, Peng Liyuan, Jumat (21/3/2014). Peng Liyuan, selain menjadi ibu negara merupakan seorang penyanyi dan ikon fesyen terkenal di China.

Selain mengunjungi Beijing, Michelle Obama dijadwalkan mengunjungi kota bersejarah Xi'an dan kota Chengdu di wilayah selatan China, suaka panda raksasa.

Michelle, yang dalam kunjungannya ditemani dua putri dan ibunya, juga akan mengunjungi para pelajar AS dan China untuk mempromosikan pertukaran pendidikan dan budaya. Selain itu dia juga akan mengunjungi Tembok Besar China.

Kantor berita Xinhua mengatakan, kunjungan Michelle Obama itu "sangat bermakna" di tengah ketegangan hubungan AS-China setelah Presiden Barack Obama menerima pemimpin spiritual Tibet, Dalai lama, yang dianggap Beijing sebagai pemimpin separatis.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Hong Lei mengatakan kunjungan Michelle Obama itu akan memperkuat hubungan antara dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu.

"Kami yakin, kunjungan ini akan memainkan peran penting untuk meningkatkan pemahaman antara kedua negara dan memperkuat persahabatan," kata Hong Lei kepada wartawan.

Meski demikian, sejumlah pengguna internet China mulai mengkritik Michelle karena berencana melakukan makan siang di sebuah restoran Tibet di Chengdu. Agenda ini dianggap sebuah pertanda dukungan Amerika Serikat terhadap Tibet dan Dalai Lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com