Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otoritas Yunani Temukan Mayat Imigran Ilegal

Kompas.com - 18/03/2014, 16:56 WIB
Josephus Primus

Penulis


KOMPAS.com - Otoritas Yunani yakni Kementerian Perdagangan Maritim mengatakan pada Selasa (18/3/2014), menemukan tujuh jenazah imigran ilegal di perairan timu Laut Aegea. Para korban, sebelumnya, tenggelam semalaman bersamaan dengan karamnya perahu yang mereka tumpangi. Menurut warta AP, lokasi tenggelamnya perahu itu dekat dengan wilayah Turki.

Kementerian itu juga mengatakan kalau delapan imigran ilegal yang selamat dari perahu itu diselamatkan di Pulau Lesvos. Sementara, ihwal korban tewas, kementerian memerinci kalau dua mayat ditemukan mengapung di laut. Lalu, lima mayat lainnya ditemukan di perahu yang tenggelam.

Sampai kini, otoritas tersebut masih mencari dua imigran lagi. Keduanya dipercaya hilang dari perahu yang karam itu. Untuk pencarian itu, penjaga pantai Yunani mengirimkan tiga kapal pencari dan sebuah helikopter. Sementara, tim mendapat bantuan juga dari perahu-perahu milik kalangan swasta.

Catatan otoritas itu juga mengungkapkan kalau belum ada tambahan informasi soal kewarganegaraan para korban baik hidup maupun tewas. Yunani menjadi lokasi transit para imigran ilegal yang akan masuk ke kawasan Uni Eropa. Pada Januari 2014, 12 imigran ilegal tenggelam saat perahu yang mereka tumpangi kandas di perairan timur Yunani, Farmakonisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com