Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembaca Berita TV Umumkan Pengunduran Diri secara "Live"

Kompas.com - 06/03/2014, 14:36 WIB
KOMPAS.com — Seorang warga AS, yang bekerja sebagai pembaca berita di jaringan televisi Rusia Today (RT) yang didanai pemerintah, mengumumkan pengunduran dirinya dari tempat kerja dalam sebuah siaran langsung guna memprotes kebijakan Presiden Vladimir Putin yang mengirim pasukan ke Ukraina.

Liz Wahl bekerja di biro RT Washington. Ia mengatakan dalam pengunduran dirinya yang disiarkan secara langsung itu bahwa dia tidak bisa lagi bekerja untuk jaringan yang "menutupi kejahatan" tindakan Putin.

Putin telah membenarkan serbuan ke Crimea sebagai cara untuk melindungi warga etnis Rusia di wilayah itu yang kata dia terancam oleh "kekuatan ultranasionalis" saat Ukraina mengalami revolusi.

Dalam pengunduran dirinya, Wahl mengatakan betapa personalnya perkembangan terakhir di Ukraina bagi dirinya. Kakek Wahl beremigrasi pindah ke Amerika Serikat dari Hongaria saat revolusi negara itu tahun 1956 karena ancaman dari pasukan Soviet.

"Saya bangga menjadi warga Amerika dan percaya dalam menyosialisasikan kebenaran. Itulah sebabnya setelah berita ini saya akan mengundurkan diri," kata Wahl.

Dalam sebuah wawancara dengan Daily Beast, Wahl mengatakan bahwa pengaruh Kremlin atas RT tidak terang-terangan, tetapi "untuk berhasil di sana Anda tidak perlu bertanya".

Menyusul pengunduran diri Wahl, jaringan itu menjawab dengan membuat pernyataan di situs webnya.

"Ketika seorang wartawan tidak setuju dengan posisi editorial organisasinya, tindakan yang biasa terjadi adalah menyelesaikan keluhan tersebut dengan editor, dan jika tidak dapat diselesaikan, berhenti seperti seorang profesional. Namun, ketika seseorang membuat pertunjukan publik yang besar tentang sebuah keputusan pribadi, itu tidak lebih dari sebuah aksi promosi diri. Kami mengharapkan yang terbaik buat Liz di jalan yang dipilihnya," kata pernyataan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com