Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 6,8 Skala Richter Guncang Xinjiang

Kompas.com - 12/02/2014, 17:59 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Sebuah gempa bumi berkekuatan 6,8 skala Richter mengguncang Xinjiang, di wilayah barat China, Rabu (12/2/2014). Demikian disampaikan Badan Survei Geologi AS (USGS).

Pusat gempa berada di kedalaman 12,5 kilometer dan mengguncang wilayah sejauh 270 kilometer di timur-tenggara kota Hotan, di wilayah yang sangat terpencil.

Gempa susulan terjadi lima menit kemudian dengan kekuatan 5,7 skala Richter yang disusul serangkaian gempa kecil berkekuatan 4,2 skala Richter.

Stasiun televisi pemerintah CCTV mengatakan, guncangan gempa bisa dirasakan di kota Hotan, tetapi tidak ada kerusakan serius di kota tersebut.

Seorang pakar kepada CCTV mengatakan, kawasan yang jarang penduduknya itu memang kerap diguncang gempa sehingga akibat gempa itu tidak akan terlalu serius.

Sejauh ini belum diperoleh perkiraaan korban atau kerusakan, setidaknya itulah yang disampaikan pemerintah wilayah Keriya yang tak jauh dari pusat gempa.

Pada Maret 2008, wilayah yang sama diguncang gempa berkekuatan 7,3 skala Richter yang menghancurkan 200 rumah, memengaruhi 40.000 orang dan mengakibatkan kerugian hingga 1,7 juta dollar AS.

Wilayah Xinjiang, yang dulu merupakan bagian dari rute perdagangan Jalur Sutra, memiliki luas 1,7 kilometer persegi dan merupakan provinsi terluas keenam di China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com