Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambut Diikat ke Langit-langit agar Tak Kantuk Saat Belajar

Kompas.com - 10/01/2014, 09:56 WIB
BEIJING, KOMPAS.COM — Seorang mahasiswi China menemukan cara menarik untuk tetap terjaga sepanjang malam dan menulis esai. Chen Tang, 20 tahun, telah berjuang untuk menyelesaikan tugasnya pada siang hari, tetapi tidak kelar. Bersama teman sekamarnya, Huang Lu (21 tahun), dia mencari solusi untuk masalahnya itu.

Kedua mahasiswa di Universitas Pertanian dan Kehutanan di Fuzhou, di Provinsi Fujian, di China bagian tenggara itu, mendapat inspirasi dari "cendekiawan bersejarah" tentang bagaimana melawan dorongan untuk tidur.

Setelah mencoba berbagai cara agar tetap terjaga sepanjang malam, Chen dan Huang akhirnya memilih cara yang terdapat dalam buku-buku sejarah. Chen teringat dua cendekiawan terkenal China yang memilih metode yang lebih menyakitkan untuk memastikan pikiran mereka tetap awas.

Salah seorang akan menusuk dirinya dengan jarum setiap kali dia mulai mengantuk dan yang lain akan mengikat rambutnya ke sebuah balok di langit-langit sehingga rambutnya akan tertarik setiap kali dia mulai terkantuk-kantuk.

Huang, yang mem-posting foto-foto Chen, mengatakan, "Chen sangat ingin berhasil sehingga dia memutuskan untuk memakai jepit rambut untuk mencoba, seperti Anda bisa lihat rambutnya cukup panjang. Karena kami tidak punya balok di asrama kami, dia menggunakan gantungan penjemur pakaian dan mengklaim bahwa hal itu bekerja dengan sangat baik."

Menurut Chen, hal itu membantu menjaga pikirannya tetap jernih dan ia berencana untuk menggunakannya lagi untuk membantunya tetap fokus.

"Persiapan itu sangat membosankan, tetapi gantungan pakaian itu membuatnya jadi menarik dan saya benar-benar merasa jauh lebih bersemangat belajar dengan cara itu," kata Chen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com