Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mabuk Saat Berkunjung ke Rusia, Jenderal AS Dipecat

Kompas.com - 20/12/2013, 23:10 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Seorang jenderal yang bertanggung jawab atas operasional rudal jarak jauh Angkatan Udara Amerika Serikat, Mayjen Michael Carey, dipecat karena melakukan tindakan yang tidak pantas ketika melakukan lawatan resmi ke Rusia.

Sebuah laporan yang mengutip dokumen yang sudah dibuka untuk publik menyebutkan, selama kunjungan pada Juli lalu itu, Mayjen Carey mabuk berat dan bertemu dengan "beberapa wanita asing".

Jenderal Carey mengaku tidak bisa mengingat sama sekali kejadian tersebut. Laporan itu menyebutkan sang jenderal tidak sepenuhnya jujur atas insiden ini.

Pemberhentian Jenderal Carey dilakukan hanya beberapa hari setelah Angkatan Laut Amerika memecat seorang perwira tinggi yang membawahi logistik nuklir. Perwira AL itu dipecat karena terlibat kasus perjudian ilegal.

Ini bukan kasus pemecatan atau rotasi jabatan pertama terhadap para perwira atau unit nuklir di tubuh militer AS.

Agustus lalu, unit rudal nuklir di pangkalan Angkatan Udara di Malstrom, di Montana, dinyatakan gagal memenuhi standar saat diperiksa. Tidak lama kemudian seorang perwira senior diberhentikan.

Pada bulan Mei, dilaporkan 17 perwira yang bertanggung jawab merawat rudal nuklir dipindahkan karena melanggar aturan keselamatan di pangkalan Angkatan Udara Minot, Dakota Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com