Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Incar Kursi DK PBB, Malaysia Gencarkan Lobi

Kompas.com - 20/12/2013, 12:01 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Mengincar satu kursi anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB periode 2015, Malaysia menggencarkan lobi. Adalah warta Bernama pada Jumat (20/12/2013) mengutip pernyataan Wakil Permanen Malaysia di PBB Hussein Haniff. "Lobi kami terkait dengan pembangunan berkelanjutan yang menjadi isu kunci di PBB," katanya di Kuala Lumpur.

Menurut Haniff kemudian, hal yang juga penting dalam perkembangan PBB adalah reformasi di tubuh organisasi itu. "Kami terpanggil untuk mereformasi PBB," katanya.

Haniff menambahkan kalau negerinya proaktif melakukan lobi untuk posisi tersebut. "Paling tidak kami mesti memenangi dua pertiga suara di Majelis Umum untuk keanggotaan tidak tetap di DK PBB," ujarnya. 

Lebih lanjut, Haniff menambahkan kalau Malaysia adalah satu-satunya wakil dari Asia. Malaysia, sejak setahun silam memang mendapat dukungan dari Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) untuk keanggotaan tidak tetap di DK PBB. Dukungan itu membuat memperteguh posisi Malaysia berusaha mendapatkan status tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com