Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edward Snowden Berencana Minta Suaka Politik di Brasil

Kompas.com - 17/12/2013, 20:11 WIB
BRASILIA, KOMPAS.com — Pembocor data intelijen Amerika Serikat Edward Snowden berencana untuk meminta suaka politik di Brasil dengan imbalan bantuan untuk menyelidiki kegiatan mata-mata AS di negeri itu. Demikian dilaporkan harian terbitan Brasil, Folha de Sao Paulo, Selasa (17/12/2013).

Keinginan Snowden itu diungkapkan lewat surat terbuka yang dipublikasikan harian Folha de Sao Paulo. Dalam suratnya, Snowden mengatakan, dia akan terus "mengganggu" Pemerintah AS hingga dia mendapatkan suaka politik penuh di satu negara.

Snowden, yang mengunduh dokumen rahasia NSA, mengungkapkan, NSA memiliki program untuk mencari informasi dengan menyadap alat komunikasi dan surat elektronik jutaan orang di seluruh dunia termasuk warga Brasil.

Dalam surat itu, Snowden memang tidak menyebut secara terang-terangan niatnya meminta suaka di Brasil. Namun, harian Folha menyimpulkan suaka politik adalah tujuan utama Snowden.

Snowden memuji sikap keras Brasil terhadap AS setelah mengetahui NSA menyadap telepon pribadi Presiden Dilma Rousseff, para petinggi perusahaan minyak Petrobras, dan menyadap komunikasi warga biasa Brasil.

Setelah mengetahui menjadi korban penyadapan NSA, Presiden Rousseff kemudian membatalkan kunjungan kenegaraannya ke Washington DC pada Oktober lalu.

Harian itu juga mengutip pernyataan jurnalis Glenn Greenward, yang saat ini tinggal di Brasil dan banyak menulis soal dokumen-dokumen rahasia yang dirilis Snowden.

Peluang Snowden mendapakan suaka di Brasil cukup besar, karena Brasil memiliki sejarah panjang memberikan suaka politik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com