Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Foto "Selfie" Kuno Ditemukan di Skotlandia

Kompas.com - 15/12/2013, 08:01 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Mengambil foto diri sendiri, atau yang dikenal dengan istilah selfie, tidak hanya dilakukan setelah adanya kamera digital.

Dua foto kuno yang diambil di Skotlandia pada sekitar tahun 1900 dan 1950 menunjukkan bahwa kegiatan ini telah lama dilakukan.

Satu foto menunjukkan anak laki-laki menggunakan cermin untuk memotret diri pada tahun 1907 di Nairn, Skotlandia. Foto lain, yang juga menggunakan cermin, diambil di sebuah rumah di daerah Broughty Ferry.

Foto-foto ini adalah koleksi Komisi Monumen Kuno dan Bersejarah Kerajaan Skotlandia (RCAHMS).

Manajer Komunikasi RCAHMS, James Crawford, mengatakan, "Teknologi mungkin telah berubah, tetapi selfie sudah ada lumayan lama."

"Kita berpikir selfie adalah satu peristiwa dalam kehidupan modern—dipicu oleh media sosial," kata Crawford.

"Namun, bila melihat arsip-arsip sejarah, mulai dari lukisan hingga masa awal fotografi, jelas terlihat bahwa orang-orang selalu tertarik untuk merekam dan berbagi gambar diri mereka," tambah Crawford.

Selfie dipilih sebagai kata tahun ini oleh Kamus Oxford pada bulan lalu.

Penelitian menunjukkan frekuensi penggunaan kata ini dalam bahasa Inggris meningkat sebesar 17.000 persen pada tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com