Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan PBB di Kongo Lancarkan Operasi Lawan Pemberontak Rwanda

Kompas.com - 11/12/2013, 18:14 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pasukan Misi PBB untuk Stabilisasi Kongo (Monusco) melancarkan perlawanan terhadap pemberontak Rwanda. Menurut warta AP pada Rabu (11/12/2013), pasukan pemberontak itu tergabung dalam Pasukan Pembebasan Rwanda (FDLR). Kuat dugaan, FDLR terkait dengan pembantaian massal pada 1994.

Menurut Komandan Monusco Dos Santos Cruz di Kinshasa, operasi pasukan PBB dilakukan di 100 kilometer utara Goma, ibu kota Provinsi Kivu Utara. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Rwanda. "Informasi menunjukkan kalau di kawasan itu aktivitas pemberontak meningkat,"katanya.

Santos Cruz mengatakan Monusco menjadi pendukung dari Angkatan Bersenjata Republik Demokratik Kongo (FARDC) untuk mencari pemberontak Uganda yang tergabung dalam pasukan ADF/NALU. "Tapi, operasi PBB sejatinya untuk melindungi kawasan perbatasan RD Kongo dengan negara-negara lainnya," katanya.

Sampai kini, pasukan anti-pemberontak dilengkapi dengan dua pesawat nirawak. Piranti perang itu memudahkan pasukan PBB untuk menolong para korban pertempuran dari serangan pasukan pemberontak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com