Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengadilan Rusia Kembali Bebaskan Aktivis Greenpeace

Kompas.com - 20/11/2013, 23:07 WIB

ST PETERSBURG, KOMPAS.com — Pengadilan Rusia, Rabu (20/11/2013), kembali membebaskan  pegiat Greenpeace yang ditangkap di atas kapal Arctic Sunrise saat melakukan unjuk rasa dua bulan lalu.

Kapten kapal, Peter Willcox, dan dua warga Inggris—Alexandra Harris dan Kieron Bryan—termasuk yang dibebaskan dengan jaminan senilai masing-masing senilai 60.000 dollar AS atau sekitar Rp 600 juta.

Dua warga Belanda, Faiza Oulahsen dan Mannes Ubels, juga ikut dibebaskan oleh pengadilan di St Petersburg. Dalam sidang Selasa (19/11/2013), pengadilan membebaskan 12 pegiat dengan nilai jaminan yang sama.

Rusia menangkap 30 pegiat—termasuk dua wartawan—yang berada di dalam kapal Arctic Sunrise milik Greenpeace setelah dua pegiatnya berupaya naik ke anjungan minyak lepas pantai milik Rusia di Kutub Utara, akhir September.

Aksi unjuk rasa itu untuk menentang rencana eksplorasi Rusia di Kutub Utara.

Mereka awalnya sempat didakwa dengan pembajakan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. Namun, kemudian, dakwaan diperingan dengan melanggar undang-undang kerusuhan.

Dakwaan baru ini diancam dengan hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Greenpeace menyambut baik keputusan ini, tetapi tetap berpendapat bahwa pegiat mereka menghadapi dakwaan yang tidak masuk akal hanya karena melakukan unjuk rasa atas eksplorasi minyak.

"Fokus kami sekarang adalah membebaskan para pegiat yang masih ditahan," tegas John Sauven, Direktur Eksekutif Greenpeace UK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com