Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksekutif Tepco: Kondisi PLTN Fukushima Tak Terkendali

Kompas.com - 13/09/2013, 18:56 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Pemerintah Jepang dan perusahaan Tokyo Electric Power (TEPCO), Jumat (13/9/2013), berjuang keras untuk meyakinkan rakyat Jepang bahwa krisis PLTN Fukushima masih bisa dikendalikan.

Sebelumnya, salah seorang eksekutif TEPCO, Kasuhiko Yamashita, sempat mengatakan bahwa kondisi PLTN Fukushima "tak terkendali". Pernyataan ini menjadi kontradiksi jaminan yang diberikan PM Shinzo Abe kepada para petinggi IOC sepekan lalu.

Dalam sebuah pertemuan, Partai Demokratik Jepang yang oposisi menanyakan persetujuan Yamashita soal jaminan Shinzo Abe kepada para petinggi olimpiade itu.

"Saya kira situasi saat ini tidak terlihat bisa dikendalikan," kata Yamashita yang pernyataannya dikutip berbagai media besar Jepang termasuk NHK.

Kabar soal pernyataan Yamashita ini membuat pemerintahan Abe dan TEPCO mencoba menangkis pernyataan itu.

Pemerintah mengatakan, pernyataan Yamashita itu terkait dengan pengelolaan air teradiasi nuklir dan bukan situasi PLTN Fukushima secara umum.

Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga, yang adalah tangan kanan PM Abe, secara terpisah mengatakan, menurut Yamashita hal itu karena tekanan para politisi Partai Demokratik Jepang.

"Pandangan TEPCO sebagai perusahaan juga tidak berlawanan dengan pernyataan PM Abe," tambah Suga.

TEPCO sudah mencurahkan ribuan ton air ke reaktor Fukushima untuk menghambat proses melelehnya reaktor yang dipicu bencana alam tsunami dan gempa pada 2011.

TEPCO mengatakan, secara umum kondisi reaktor Fukushima normal, tetapi harus tetap dijaga dalam kondisi dingin agar tetap terkendali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com