Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2021, 11:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengubah perjalanan udara di seluruh dunia, membuat pesawat dari maskapai penerbangan global setengah kosong, pembatalan penerbangan hingga adanya kewajiban tes cepat Covid-19 dan persyaratan masker.

Skytrax pun melakukan pemeringkatan maskapai terbaik dunia tahun 2021. Ini didasarkan pada lebih dari 13 juta tanggapan survei pelanggan, yang menilai 356 maskapai penerbangan global.

Penilaiannya mulai dari pemesanan online dan proses check-in, keramahan staf maskapai, kenyamanan kursi, serta kualitas makanan dan hiburan dalam penerbangan.

Penghargaan 2021 didasarkan pada periode survei pelanggan yang jauh lebih lama dari September 2019 hingga Juli 2021, mewakili campuran waktu perjalanan normal yang dikombinasikan dengan perjalanan selama pandemi global.

Baca juga: 10 Insiden Pesawat Hilang yang Masih Jadi Misteri Dunia

10. Air France

Sejak 1933, Air France telah mempromosikan dan menonjolkan Perancis ke seluruh dunia. Lebih dari 42.000 staf tenaga kerjanya berkomitmen setiap hari untuk menawarkan pengalaman perjalanan yang unik kepada setiap pelanggan.

Air France juga menempatkan kesehatan dan keselamatan pelanggan dan stafnya sebagai prioritas utama.

9. Hainan Airlines

Hainan Airlines didirikan pada Januari 1993 di Provinsi Hainan. Pada akhir Juni 2018, Hainan Airlines dan anak perusahaan induknya memiliki lebih dari 400 pesawat yang beroperasi dan 24 perusahaan basis/cabang.

Jaringan Hainan Airlines mencakup China, banyak titik di Asia dan meluas ke Eropa, Amerika Utara, dan Pasifik Selatan.

Baca juga: Navigasi Penerbangan Dunia: Bagaimana Cara Pesawat Tahu ke Mana Harus Pergi?

8. Qantas Airways

Didirikan pada 1920, Qantas adalah maskapai penerbangan Australia dan anggota pendiri aliansi maskapai Oneworld, sebuah aliansi maskapai penerbangan terbesar ketiga di dunia setelah Star Alliance dan SkyTeam.

Qantas kini menjadi maskapai penerbangan domestik dan internasional terbesar di Australia.

7. EVA Udara

EVA Air didirikan pada 1989, dan merupakan anggota dari Star Alliance. EVA melayani jaringan global yang menghubungkan Asia dan Cina Daratan ke Eropa, Amerika Utara, dan Oseania.

Operasi maskapai ini menghubungkan lebih dari 60 tujuan bisnis dan wisata utama. EVA beroperasi dari hub mereka di Bandara Internasional Taoyuan di Taiwan.

Baca juga: 13 Kecelakaan Pesawat yang Mengubah Penerbangan Dunia

6. Cathay Pacific Airways

Cathay Pacific Group yang berbasis di Hong Kong menawarkan layanan penumpang dan kargo terjadwal ke lebih dari 200 tujuan di Asia, Amerika Utara, Australia, Eropa, dan Afrika.

Armadanya mencapai hampir 200 pesawat. Cathay Pacific adalah anggota pendiri aliansi global Oneworld.

5. Japan Airlines

Japan Airlines didirikan pada 1951 dan menjadi maskapai internasional pertama di Jepang. Sebagai anggota aliansi oneworld, maskapai ini kini menjangkau 430 bandara di 66 negara dan wilayah bersama dengan mitra codeshare-nya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com