Kompas.com - 05/09/2019, 22:18 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Seorang pria ditahan di Bandara Changi, Singapura, karena membeli tiket penerbangan namun tanpa berniat untuk naik ke dalam pesawat.

Diberitakan Fox News, pria berusia 27 tahun itu sengaja membeli tiket pesawat agar bisa memasuki area transit dan menemani istrinya hingga tiba waktu keberangkatan.

"Hasil investigasi menunjukkan bahwa pria itu telah memasuki area transit untuk mengantarkan istrinya. Dia tidak punya niat untuk meninggalkan Singapura," kata kepolisian Singapura dalam postingan di Facebook.

Pria itu ditangkap pada 25 Agustus setelah dituduh menyalahgunakan tiket penerbangannya.

Baca juga: Walau Dilarang, Kenapa Orang Nekat Beli Tiket Tanpa Terbang.di Bandara Changi?

Namun pria tersebut bukan satu-satunya yang ditahan polisi karena kasus serupa. "Secara total 33 orang telah ditahan tahun ini karena pelanggaran serupa," kata polisi.

Area transit di Bandara Changi merupakan salah satu kawasan yang ada di bawah kategori "tempat-tempat yang dilindungi", yakni area di mana tindakan khusus diperlukan untuk mengontrol pergerakan dan perilaku orang demi alasan keselamatan dan keamanan publik.

"Mereka yang memasuki area transit di Bandara Changi tanpa niat untuk melanjutkan ke tujuan berikutnya dapat dituntut dan didenda hingga 20.000 dollar AS (lebih dari Rp 282 juta) dan penjara hingga dua tahun," kata pejabat.

Tempat-tempat terlindung lainnya di Singapura termasuk pangkalan militer Singapura, markas keamanan, dan instalasi pengolahan air, menurut situs web kepolisian.

Baca juga: Changi Kembali Dinobatkan Sebagai Bandara Terbaik di Dunia

Bandara Changi di Singapura merupakan salah satu bandara tersibuk dan paling terkenal di dunia dengan rekor 65,6 juta penumpang pada 2018.

Bandara tersebut memiliki taman kupu-kupu, bioskop, kolam renang, bahkan air terjun dalam ruang terbesar di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Fox News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.