Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Selfie" 2 Gorila dan Pawangnya Diragukan, Ini Tanggapan Taman Nasional Kongo

Kompas.com - 25/04/2019, 16:38 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KINSHASA, KOMPAS.com - Taman Nasional Virunga di Republik Demokratik Kongo bereaksi setelah swafoto (selfie) dua ekor gorila dengan pawangnya menjadi viral.

Dalam foto yang menyebar di media sosial, dua gorila itu berpose ketika si pawang mengarahkan kamera. Ada yang berdiri tegak. Namun ada juga yang sedikit menungging.

Baca juga: Begini Gaya Dua Gorila Saat Berfoto dengan Penjaga Taman Nasional

Diberitakan Straits Times Kamis (25/4/2019), sejak muncul di internet pekan lalu, unggahan foto itu menuai keraguan dari netizen jika selfie tersebut benar-benar nyata.

"Kedua gorila itu selalu berperilaku imut. Jadi, foto itu merupakan gambar terbaik untuk menunjukkan perilaku mereka," ujar Taman Virunga dalam unggahan di Facebook Senin (22/4/2019).

Selfie itu disebut diambil di kawasan Senkwekwe Sanctuary yang menampilkan dua ekor gorila betina bernama Ndakazi dan Ndeze beserta dua pawang mereka, Patrick serta Mathieu.

Foto itu kali pertama diuggah oleh laman Facebook The Elite AntiPoaching Units and Combat Trackers dengan kredit foto disematkan kepada Mathieu Shamavu.

Unggahan itu lantas menjadi viral dengan dibagikan lebih dari 23.000 kali dan ditanggapi 30.000 netizen. Taman Virunga menyatakan mereka tidak kaget melihat dua gorila itu berdiri dengan dua kaki.

Kepada BBC, wakil direktur taman menyatakan Ndakazi dan Ndeze meniru pawang mereka sejak pertama kali ditemukan saat masing-masing berusia dua tahun dan empat bulan.

Ibu dari Ndakazi dan Ndeze dilaporkan mati dibunuh pada Juli 2007. Petugas taman langsung membawa keduanya ke penangkaran begitu menemukan mereka.

Taman yang menjadi warisan dunia Unesco melanjutkan, dua gorila itu hidup di penangkaran tertutup dengan para pawang berhati-hati menjaga kesehatan keduanya.

Taman Virunga juga memanfaatkan viralnya foto itu untuk menggalang donasi dana yang dipergunakan guna mempertahankan keberlangsungan taman nasional.

Baca juga: Mulai dari Kuda hingga Gorila, Ini Klaim Asuransi Teraneh di Inggris

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com