Pangeran Philip Alami Kecelakaan, Bolehkah Lansia di Inggris Menyetir? - Kompas.com

Pangeran Philip Alami Kecelakaan, Bolehkah Lansia di Inggris Menyetir?

Kompas.com - 18/01/2019, 12:40 WIB
Gambar ini diambil di White Drawing Room, Windsor Castle, pada awal November 2017. (CameraPress/PA/Matt Holyoak) Gambar ini diambil di White Drawing Room, Windsor Castle, pada awal November 2017. (CameraPress/PA/Matt Holyoak)

LONDON, KOMPAS.com - Meski sudah berusia 97 tahun, suami Ratu Elizabeth II masih terlihat mengemudikan mobilnya.

Namun, insiden kecelakaan yang menimpanya di Babingley, Norfolk, pada Kamis (17/1/2019) menyoroti kembali kebijakan berkendara di Inggris.

Pangeran Philip selama dalam kecelakaan itu tanpa mengalami cedera. Tapi haruskah dia masih berada di belakang kemudi?

Melansir Daily Mirror, tidak ada undang-undang yang melarang Duke of Ediburgh itu untuk mengendarai salah satu mobilnya.

Baca juga: Kendarai Land Rover, Suami Ratu Elizabeth Mengalami Kecelakaan

Hal itu karena memang tidak ada batas atas usia bagi penduduk Inggris untuk mengemudi.

Menurut laman Age UK, Surat Izin Mengemudi ( SIM) pengendara dapat berakhir saat mereka mencapai usia 70 tahun. Namun, bukan berarti mereka harus berhenti mengemudi.

SIM yang habis masa berlakunya akan benar-benar kedaluwarsa jika pengendara gagal memperbaruinya, sehingga tidak diizinkan untuk menyetir mobil.

Tapi apabila mereka mengajukan permohonan pembaruan SIM, maka izin berkendara dapat dilanjutkan. Untuk seterusnya, mereka diwajibkan untuk memperbarui SIM setiap tiga tahun sekali.

Pengemudi lanjut usia juga harus menginformasikan Driver and Vehicle Licensing Agency di Inggris (DVLA) tentang kondisi atau kekurangan mereka yang berpotensi mempengaruhi kemampuan berkendara secara aman.

Kondisi yang mesti dilaporkan seperti epilepsi, stroke, kesehatan mental, penurunan penglihatan, dan ketidakmampuan fisik.

Baca juga: Pangeran Philip Dikabarkan Meninggal, Ratu Elizabeth II Marah

Presiden Automobile Association Edmund King mengatakan, ada kecenderungan pengemudi lebih tua lebih baik ketimbang mereka yang masih muda.

"Kami berharap Duke of Ediburgh baik-baik saja. Ada banyak komentator memakai insiden kecelakaan mobil yang melibatkan orang tua untuk menyerukan larangan mengemudi bagi mereka," ucapnya.

"Jika pembatasan mengemudi berdasarkan usia dan keselamatan diterapkan, kami akan lebih cenderung membatasi pengemudi muda daripada yang lebih tua," tuturnya.

Menurut dia, pengendara usia tua sering membatasi diri dengan tidak mengemudi di malam hari dan hanya melalui jalan yang dikenal.

Pangeran Philip telah diperiksa dokter di kediamannya di Sandringham Estate dan dinyatakan dalam kondisi baik.

Sandringham merupakan kediaman pribadi di pedesaan yang dimiliki Ratu Elizabeth di Norfolk. Pangeran Philip dan istrinya berada di sana sejak Natal.

Baca juga: Pesan Natal Kerajaan, Ratu Elizabeth Sebut Pentingnya Saling Menghargai

Sementara, dua pengendara lain yang terlibat kecelakaan dengannya mengalami luka-luka dan sempat dibawa ke rumah sakit.

Saat kecelakaan terjadi, ayah dari Pangeran Charles itu tidak bersama dengan Ratu Elizabeth. Dia disebut bersama dengan seseorang di dalam mobil.

Namun istana tidak mengungkap identitasnya. Dia diperkirakan sebagai petugas pasukan pelindung, seperti prosedur standar bagi keluarga kerajaan senior.


Terkini Lainnya


Close Ads X