Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Ini Pasang Kamera untuk Awasi Siswa yang Malas Belajar

Kompas.com - 17/05/2018, 20:02 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

HANGZHOU, KOMPAS.com - Sebuah sekolah yang berada di kawasan timur China mempunyai cara jitu untuk mengawasi murid-murid yang malas ketika belajar.

Sina News via SCMP memberitakan Rabu (16/5/2018), terdapat tiga kamera yang dipasang di Kelas 11 sebuah SMP di Hangzhou.

Kamera itu merupakan bagian dari "Program Pintar Manajemen Perilaku Kelas", dan berfungsi sebagai "asisten" bagi guru.

Kamera itu kemudian dihubungkan dengan sebuah program yang memperlihatkan tingkat perhatian para murid, maupun ekspresi wajah mereka ketika belajar.

Baca juga: Seorang Ibu yang Jemput Anaknya Sekolah Tembak Mati Perampok

Kepala sekolah, Ni Ziyuan, berujar kalau dengan program tersebut, sekolah bisa melihat apakah para murid menyukai pengajaran yang diberikan.

"Dengan sistem ini, kami bisa melihat mana kelas yang kelas yang berkonsentrasi dan mana kelas yang tidak perhatian," beber Ni.

Wakil kepala sekolah, Zhang Guanchao, mengatakan sistem ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru.

"Jenis sistem ini bertujuan mengawasi kegiatan belajar murid, sekaligus melihat cara guru mengajar," beber Zhang.

Sebuah perangkat yang memperlihatkan ekspresi murid di sekolah yang terletak di Hangzhou, China. Sekolah di sana memasang perangkat untuk mengawasi siswanya yang tidak serius belajar.South China Morning Post/news.sina.com.cn Sebuah perangkat yang memperlihatkan ekspresi murid di sekolah yang terletak di Hangzhou, China. Sekolah di sana memasang perangkat untuk mengawasi siswanya yang tidak serius belajar.

Perangkat ini juga berguna mengukur tingkat kehadiran dengan menggunakan data wajah dan nama murid, kemudian mengecek keberadaan mereka di kelas.

Seorang murid yang menolak disebutkan namanya berkata, konsentrasi dia dan teman sekelasnya meningkat sejak ada perangkat tersebut.

Sebelumnya, jika ada pelajaran yang tidak dia sukai, maka dia bakal tidur, atau sekadar membolak-balik halaman buku.

"Sejak ada kamera terpasang, saya merasa ada mata tak kelihatan yang mengawasi. Saya tidak bisa bermalas-malasan," ujar siswa tersebut.

Sejak 2015, China menggunakan teknologi kamera sejak Kementerian Keamanan Publik meluncurkan proyek sistem pengenal wajah terbaik dunia.

Dilaporkan, teknologi ini berhasil mengidentifikasi pengemudi yang tidak punya surat izin di Shenzhen, atau penyeberang jalan sembarangan di Shanghai.

Baca juga: 7 Hal yang Dapat Dilakukan Sekolah Hadapi Bahaya Terorisme

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com