Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengebom Bunuh Diri Serang Masjid sehingga Lima Jemaah Tewas

Kompas.com - 27/09/2017, 09:24 WIB

KANO, KOMPAS.com – Seorang perempuan pengebom bunuh diri membunuh lima jemaah ketika ia meledakkan dirinya di sebuah masjid di Nigeria timur laut, Selasa (26/9/2017) waktu setempat.

Milisi lokal mengatakan, serangan yang menyasar sebuah masjid di kota Dikwa, 90 km dari Maiduguri, itu terjadi pada Selasa pukul 05.00 waktu setempat dan diduga kuat didalangi kelompok jihadis Boko Haram.

"Seorang perempuan pengebom bunuh diri itu menyerang sebuah masjid pada saat shalat subuh, menewaskan lima jemaah,” kata Ibrahim Liman, pemimpin milisi lokal yang bertempur bersama tentara Nigeria melawan Boko Haram.

Tiga jemaah lagi menderita luka parah akibat serangan tersebut.

Liman mengatakan, serangan tersebut merupakan “hasil karya Boko Haram yang terkenal karena gaya serangan semacam itu", demikian laporan kantor berita AFP, Rabu (27/9/2017).

Baca: Boko Haram Serang Tim Eksplorasi Minyak, 50 Tewas

Seorang milisi lain, Umar Ari membenarkan keterangan Liman.

Para tentara juga berhasil mencegah seorang perempuan lain yang meledakkan dirinya saat dimintai berhenti oleh petugas.

Tidak ada yang terluka akibat ledakan kedua. Pasar di daerah setempat ditutup untuk menghindari kemungkinan serangan lebih lanjut karena Boko Haram biasanya menyerang pasar untuk mendapatkan korban yang lebih besar.

Berita-berita tentang serangan bom di daerah-daerah pelosok lamban tersiar karena komunikasi yang buruk akibat penghancuran tiang-tiang telepon oleh gerilyawan Boko Haram.

Pemberontakan bersenjata Boko Haram di Nigeria timur laut telah menewaskan 20.000 orang dan 2,6 juta orang mengungsi dalam delapan tahun terakhir.

Kelompok jihadis itu telah semakin banyak menggunakan pelaku bom bunuh diri, kebanyakan perempuan dan gadis belia, untuk menyerang pos pemeriksaan militer dan sasaran rentan lainnya seperti masjid, sekolah, area parkir kendaraan, dan kamp pengungsi.

Pada Februari 2016, 58 orang tewas dan 78 terluka saat dua perempuan pengebom bunuhy diri menyerang sebuah kamp pengungsi dari kekerasan Boko Haram di Dikwa.

Baca: Boko Haram Bantai Puluhan "Istri" karena Takut Dinikahi "Orang Kafir"

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com