Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tewas oleh Gempa Filipina, Sejumlah Orang Masih Tertimbun Puing

Kompas.com - 06/07/2017, 22:47 WIB

MANILA, KOMPAS.com  - Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter di Filipina tengah, Kamis (6/7/2017), menewaskan setidaknya dua orang dan sejumlah orang orang masih tertimbun puing bangunan komersial yang ambruk, kata beberapa pejabat.

Seorang wanita berusia 18 tahun meninggal setelah tertimpa puing-puing yang jatuh di kota Ormoc, Pulau Leyte, dekat pusat gempa, kata polisi sebagaimana dilaporkan AFP.

Di tempat lain, tim penyelamat berhasil mengeluarkan delapan orang dengan selamat dari reruntuhan puing.

Selain itu, juga ditemukan satu korban tewas dari sebuah bangunan bertingkat tiga di kota Kananga, juga di Leyte, kata Wakil Wali Kota Kananga, Elmer Codilla.

"Delapan orang sudah diselamatkan, semuanya ada di rumah sakit," katanya, sambil menolak untuk menjelaskan kondisi korban yang dirawat.

Baca: Gempa Dasyat di Filipina, Sejumlah Orang Terluka dan Bangunan Roboh

Di antara mereka yang diselamatkan adalah dua orang dapat diselamatkan setelah mengirim pesan SMS dari balik puing bangunan yang intinya meminta bantuan.

"Ada enam atau tujuh orang yang masih terjebak.  Pasti lebih dari lima tapi kurang dari sepuluh," tambah Cordilla.

Di antara mereka yang masih terjebak adalah dua anak yang sudah menjadi target evakuasi oleh tim penyelamat, namun masih belum bisa dikeluarkan dari reruntuhan, kata Cordilla lagi.

"Kami sudah memberi mereka air," tambahnya.

Dominico Petilla, Gubernur Provinsi Leyte, mengatakan bahwa petugas penyelamat, ambulans dan alat berat telah dikirim ke kota pegunungan. Jumlah petugas sekitar 50.000 orang.

Para petugas itu masih berusaha mengeluarkan korban yang terluka dari balik reruntuhan.

Sebelumnya telah diberitakan, Survei Geologi AS (USGS) mengatakan, gempa tersebut berkekuatan 6,5 pada skala Richter dan berpusat di darat di kedalaman 6,5 km, dekat kota Masarayao, Provinsi Leyte.

Baca: Filipina Diguncang Gempa, 14 Mahasiswa WNI Dipulangkan

Gempa dangkal seperti pada umumnya akan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada permukaan bumi dan bisa saja membawa kematian akibat bangunan roboh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com