Kompas.com - 01/06/2017, 03:28 WIB
Penulis Bayu Galih
|
EditorBayu Galih

JEJU, KOMPAS.com - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dijadwalkan menjadi pembicara kunci (keynote speaker) dalam forum perdamaian internasional Jeju Forum for Peace and Prosperity di Jeju, Korea Selatan pada 1 Juni 2017.

Dalam kesempatan yang bersamaan dengan peringatan hari kelahiran Pancasila itu, Megawati juga akan memperkenalkan Pancasila sebagai gagasan untuk menghadirkan perdamaian dunia.

"Karena kalau tidak ada Pancasila, maka tidak ada waktu itu pada 1955, seperti Konferensi Asia-Afrika, kemudian Konferensi Nonblok, yang gagasannya memang dari Indonesia," kata Megawati saat berada di Jeju, Rabu (31/5/2017).

Dalam wawancara kepada wartawan saat berada di Seoul pada Senin (29/5/2017), Megawati mengatakan, rumusan mengenai Pancasila sebagai konsep untuk perdamaian dunia pernah dicetuskan oleh Presiden pertama RI Soekarno pada waktu berpidato di Forum Persatuan Bangsa-Bangsa.

Saat itu Soekarno, yang merupakan ayah Megawati, membacakan pidato berjudul "To Build The World A New".

"Isinya adalah tawaran seperti apa Pancasila. Sangat memungkinkan untuk kita saling mempercayai sehingga terjadi perdamaian dunia," ujar Megawati.

(Baca juga: Upaya Reunifikasi, Megawati Diminta Jadi Utusan Korsel ke Korea Utara)

Dengan kondisi dunia yang saat ini masih dilanda sejumlah konflik, Pancasila dipercaya bisa menjadi jawaban untuk menghadirkan perdamaian yang berkesinambungan.

"Saya akan menawarkan bagaimana Indonesia sudah merumuskan Pancasila. Bukan hanya sebagai dasar negara kita, tapi juga dapat ditawarkan untuk perdamaian dunia untuk semua negara di kawasan dunia," tutur Ketua Umum PDI-P itu.

Kompas TV Menjaga Kebhinekaan Indonesia
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.