Kompas.com - 22/03/2017, 07:32 WIB
EditorErvan Hardoko

PRAHA, KOMPAS.com - Sebuah kebun binatang di Republik Ceko memutuskan untuk memotong cula 21 ekor badak koleksinya agar tak menjadi incaran para pemburu cula.

Keputusan ini dilakukan setelah seekor badak di sebuah kebun binatang di Perancis dibunuh untuk diambil culanya pada awal bulan ini.

Kebun binatang di kota Dvur Kralove, 150 kilometer sebelah timurlaut Praha, memiliki 17 ekor badak hitam dan empat ekor badak putih.

Koleksi badak di kebun binatang Dvur Kralove ini adalah yang terbesar di seluruh Eropa.

"Keputusan untuk memotong cula badak-badak itu diambil dengan sangat berat hati," kata Premysl Rabas, direktur kebun binatang.

"Namun, risiko yang dihadapi para badak ini ternyata tak hanya tinggi di alam liar tetapi juga di dalam kebun binatang," tambah Rabas.

"Keselamatan hewan-hewan di tempat ini adalah prioritas utama kami. Badak tanpa cula merupakan pilihan terbaik daripada badak yang mati," lanjut dia.

Badak pertama yang dipotong culanya adalah Pamir, seekor badak putih jantan. Cula Pamir dipotong pada Senin (20/3/2017) dan badak-badak lain akan mendapat giliran dalam waktu dekat.

Pihak kebun binatang mengatakan, sebelum cula mereka dipotong badak-badak itu dibius terlebih dahulu.

Proses pemotongan cula itu sebenarnya tak menyakitkan badak dan cula itu secara bertahap akan tumbuh kembali.

Halaman:
Sumber Telegraph
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.