Kompas.com - 22/02/2017, 13:42 WIB
EditorPascal S Bin Saju

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com – Kepolisian Diraja Malaysia, Rabu (22/2/2017), menyebutkan, detektif yang menyelidiki pembunuhan Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, akan memanggil seorang diplomat Korut terkait kasus tersebut.

Penyidik telah menangkap lima warga Korut yang diduga terkait pembunuhan Jong Nam, Senin (13/2/2017) di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) 2.

Tiga warga Korut lain masih dicari untuk dimintai keterangannya, termasuk seorang diplomat senior Korut, ujar Kepala Kepolisian Diraja Malaysia Khalid Abu Bakar.

Di antara sejumlah orang yang dicari dan akan dipanggil untuk dimintai keterangan adalah seorang diplomat senior di Kedutaan Besar Korut di Kuala Lumpur, Hyon Kwang Song.

Selain itu ada juga seorang karyawan maskapai penerbangan Korut, yakni Kim Uk Il.

"Kami telah menulis kepada duta besar untuk memungkinkan kita untuk mewawancarai mereka berdua,” kata Khalid kepada Agence France-Presse.

Ia juga mengatakan, “Kami berharap bahwa Kedubes Korut akan bekerja sama dengan kami dan memungkinkan kami untuk meminta keterangan dari mereka dengan cepat. Jika tidak, kami akan memanggil paksa mereka untuk datang."

Jong Nam tewas tak lama setelah diserang dengan semprotan bahan beracun saat ia sedang berada di terminal KLIA 2 dalam perjalanan menuju pesawat yang akan membawanya pulang ke Makau.

Kakak tiri dari Jong Un itu menetap di Makau karena merasa aman di sana setelah terus dikejar oleh rezim penguasa Korut, yakni adiknya dari lain ibu hasil perkawinan dengan Kim Jong Il, penguasa Korut sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.