Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirimachi Ramen, Restoran Milik WNI yang Sukses di San Francisco

Kompas.com - 07/01/2017, 16:15 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Sebauah restoran yang terletak di Embarcadero Center, salah satu lokasi prima di San Francisco, California, Amerika Serikat, selalu dipenuhi pelanggan yang mencari makanan yang mengenyangkan dan menghangatkan tubuh.

Adalah, pasangan suami istri Leo Gondokusumo dan Febry Arnold, dua warga Indonesia yang merintis bisnis kuliner di sana sejak empat tahun lalu.

Leo, awalnya belajar membuat mie kuah khas Jepang sendiri, sebelum kemudian memutuskan mempelajarinya langsung ke Jepang.

"Di Amerika Serikat, cuma ada beberapa restoran ramen yang chef-nya bisa buat semua dari scratch, jadi itu salah satu keuntungan Kirimachi," tambah Leo.

Leo mengaku, ramen di restorannya dibuatnya sendiri, mulai dari saus, sup hingga bahan utama ramen yaitu mie.

"Kita pengen buat noodle sendiri karena lebih enak ya, terus itu untuk marketing juga. Jadi actually di San Francisco cuma ada dua ramen shop yang buat noodle sendiri, nah kita kedua," kata dia.

"Semuanya beda rasanya, kita tadinya beli noodle dari LA, jadi dibawa ke sini, itu juga menurut spesifikasi kita, jadi kita special order, tapi tetap beda,” sambungnya.

Keunggulan cita rasa ini diakui oleh pelanggan “Kirimachi Ramen.”

Seperti kesaksian salah satu pengunjung, Ade Echizenya. “Ramen broth-nya enak, noodle-nya juga pas karena mereka bikin sendiri noodle-nya jadi rasanya lebih beda, lebih enak, terus egg-nya juga, mereka bikinnya pas banget gitu, enak banget.”

Bahkan Jonnie Jones, seorang pelanggan lainnya, yang pernah bersekolah di Jepang mengakui ramen di “Kirimachi Ramen” lebih enak dari yang pernah dicobanya di Tokyo.

Demi mempertahankan pelanggan dan memenangkan kompetisi, Leo rutin melakukan perbaikan terhadap menu yang disajikannya.

"Strateginya, kalau menurut saya, cuma dengarkan apa yang pelanggan mau, itu kunci yang paling penting, besides do your best," ungkap dia. 

"Jadi buat makan terbaik, lalu coba lebih baik lagi. Kalau pelanggan tidak suka, jangan tersinggung,” tegas Leo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com