Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajahnya Dianggap Mirip Donald Trump, Selebriti Swedia Dipukuli

Kompas.com - 16/11/2016, 06:36 WIB

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Seorang koki yang juga selebriti Swedia, Anders Vendel, babak belur dipukuli tiga orang pria karena wajahnya dianggap mirip dengan wajah Donald Trump.

Anders mengatakan, dia diserang tiga orang pria pada Sabtu pagi pekan lalu. Anders mengklaim, mereka memegangi tangannya lalu menghajarnya sebanyak 20 kali.

Serangan yang terjadi di sebuah gerai makanan cepat saji di kota Malmo itu mengakibatkan Anders mengalami patah tulang hidung dan memar di salah satu matanya.

Selain itu, mulut dan rahangnya juga terluka. Kepolisian Swedia kini tengah menangani kasus tersebut.

"Saya dipukuli tiga pria berusia 25-35 tahun. Mereka mengatakan, wajah saya mirip dengan Donald Trump," ujar Anders lewat akun Facebook-nya.

"Dua dari tiga pria itu memegang tangan saya dari belakang dan yang ketika memukuli wajah saya. Saya mencoba membela diri dengan menggunakan kaki. Setelah mendapatkan sekitar 20 pukulan, saya jatuh di lantai," tambah Anders.

Setelah jatuh ke lantai, Anders melanjutkan, ketiga orang itu masih menendangi tubuh dan kepalanya.

"Hasilnya, tulang hidung saya patah, mata, bibir, dan rahang memar, serta jempol kanan saya patah," lanjut dia.

Anders melanjutkan, ketiga orang pria yang memukulinya diduga adalah warga keturunan Timur Tengah karena dia mendengar mereka berbicara dalam bahasa Arab.

Kisah Anders ini langsung disambar situs-situs berita umum maupun situs-situs sayap kanan yang anti-imigran dan anti-Islam.

Akibatnya, Anders kini merasa khawatir, kisah yang diunggahnya ke Facebook itu digunakan kelompok yang tak bertanggung jawab untuk menyebarkan kebencian.

"Saya sedang marah, sakit, dan dipermalukan saat menulis kisah itu dan mengunggahnya ke media sosial. Saya tak tahu apa yang saya pikirkan saat itu," ujar Anders.

"Saya bukan seorang rasialis, bahkan setelah apa yang menimpa saya. Pelakunya bisa siapa saja, saya masih hidup dan saya tak apa-apa," lanjut Anders kepada harian The Local.

Sementara itu, juru bicara kepolisian Malmo mengatakan, Anders sedang mendatangi sebuah gerai makanan cepat saji ketika seorang pria tak dikenal datang dan memulai pertengkaran.

"Situasi ini memuncak menjadi perkelahian dan pria tak dikenal itu memukul pelapor," ujar juru bicara polisi kepada harian Sydsvenskan.

"Dia jatuh ke lantai, ditendangi, sehingga wajahnya mengalami luka. Beberapa orang menolongnya ke rumah sakit," tambah polisi.

Sejauh ini kepolisian belum memberikan identitas tersangka penyerang dan motif perbuatan mereka.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com