Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Terus Dorong GNB untuk Dukung Kemerdekaan Palestina

Kompas.com - 17/09/2016, 09:50 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia mendorong seluruh negara Gerakan Non-Blok (GNB) untuk terus memberikan dukungan terhadap perjuangan Palestina untuk menjadi negara merdeka dan berdaulat.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat berikan pernyataan pada Pertemuan Tingkat Menteri Komite Palestina negara-negara GNB di Pulau Pulau Margarita, Venezuela, 15 September 2016 lalu.

Dalam kesempatan itu, Retno menegaskan pentingnya dukungan dari seluruh anggota GNB agar proses perdamaian Palestina segera dimulai kembali.

Indonesia, lanjut Retno, sepenuhnya mendukung insiatif pemerintah Perancis untuk memulai kembali proses perdamaian di Palestina. Di antaranya, dengan menjadi satu dari dua puluh delapan negara yang hadir dalam Pertemuan Tingkat Menteri mengenai Perdamaian Timur Tengah di Paris, 3 Juni 2016 lalu. Indonesia juga mendorong peningkatan peranan track two, termasuk civil society organization dalam memperkuat dukungan bagi proses perdamaian.

"Berbagai proses dan initiatif yang dilakukan untuk mendukung terciptanya perdamaian di Palestina harus didukung," kata Retno dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (16/9/2016).

Selain itu, Retno juga menegaskan bahwa masyarakat internasional perlu memberikan tekanan lebih agar Israel menghentikan kekerasan dan pelanggaran HAM di Palestina.

Israel, kata dia, harus menghentikan kegiatan pembangunan ilegal atau resettlement di wilayah pendudukan Palestina. "Israel tidak boleh dibiarkan menikmati keuntungan ekonomi dari wilayah pendudukannya," tutur Retno.

Retno menuturkan, solidaritas terhadap masyarakat Palestina harus diperkuat. Untuk itu, ia menyerukan untuk terus berkontribusi dalam pemberian bantuan teknis kepada Palestina.

Retno mengingatkan bahwa dukungan kepada Palestina merupakan salah satu alasan utama pendirian GNB. Untuk itu, ia menyerukan agar anggota GNB terus memberikan dukungan kepada perjuangan Palestina dalam mencapai kemerdekaan secara penuh.

Sementara bagi negara yang belum mengakui Palestina dapat memberikan dukungannya dan mengakui Palestina sebagai negara merdeka.

"Salah satu bentuk dukungan nyata Indonesia antara lain diwujudkan pada saat menjadi tuan rumah KTT Luar Biasa ke-5 negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mengenai Palestina dan Al Quds dan Al Sharif pada bulan Maret 2016 lalu," kata Retno.

Dalam pertemuan itu, Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Al Maliki memberikan briefing mengenai situasi terakhir di Palestina.

Pada akhir pertemuan, para Menteri dari negara anggota Komite Palestina GNB telah mengesahkan sebuah Deklarasi Tingkat Menteri. Berisikan penegasan kembali para negara anggota Komite Palestina GNB dalam rangka mendukung perjuangan Palestina serta berbagai langkah nyata yang dapat dilakukan dalam mendukung hal tersebut.

Pertemuan Tingkat Menteri Komite Palestina GNB diselenggarakan di sela-sela pertemuan Tingkat Menteri negara-negara GNB dalam rangka persiapan Konferensi Tingkat Tinggi GNB ke-17.

Acara itu direncanakan akan berlangsung tanggal 17-18 September 2016. Pertemuan telah dihadiri oleh negara-negara anggota GNB yang merupakan anggota Komite Palestina, yaitu: Indonesia, Aljazair, Bangladesh, Kolombia, Kuba, Mesir, India, Malaysia, Palestina, Senegal, Afrika Selatan, Zambia dan Zimbabwe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com