Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lengser dari Kursi Presiden Myanmar, Thein Sein Jadi Biarawan Buddha

Kompas.com - 06/04/2016, 10:16 WIB

YANGON, KOMPAS.com - Mantan presiden yang selama lima tahun terakhir memimpin reformasi Myanmar, Thein Sein kini sudah lengser dari kekuasaannya.

Beberapa hari setelah menyerahkan kekuasaan kepada pemimpin baru Presiden Htin Kyaw, Thein Sein memutuskan untuk sementara menjalani kehidupan sebagai biarawan.

Berbagai media di Myanmar memuat foto Thein Sein dengan kepala yang sudah tercukur bersih mengenakan kacamata khasnya, sementara tubuhnya dibalut jubah berwarna marun khas biarawan Buddha.

Harian pemerintah Myanma Alinn mengabarkan, Thein Sein bergabung di sebuah pertapaan Buddha di kota Pyin Oo Lwin, di wilayah tengah Myanmar, awal pekan ini.

Thein Sein akan menjalani masa pertapaan selama lima hari dan mendapat nama biara U Thandidamma.

"Mereka yang dekat dengan Thein Sein mengatakan dia akan belajar meditasi selama menjalani masa menjadi biarawan selama lima hari," demikian harian Myanma Alinn.

Harian itu melanjutkan, langkah ini diambil Thein Sein untuk memenuhi janjinya kepada sejumlah tokoh agama Buddha bahwa dia akan menjadi biarawan saat tidak menjadi presiden lagi.

Menghabiskan beberapa waktu menjadi biarawan adalah hal yang umum bagi pria Myanmar pemeluk Buddha.

Bahkan, anak-anak Myanmar diharapkan menghabiskan waktu sebelum beranjak remaja di biara-biara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com