Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Kenya Pecat Lima Menteri karena Korupsi

Kompas.com - 25/11/2015, 16:47 WIB
NAIROBI, KOMPAS.com — Presiden Kenya Uhuru Kenyatta memecat lima menterinya karena terlibat skandal korupsi dalam perombakan kabinet pada Selasa (24/11/2015).

Pemecatan tersebut dilakukan di tengah peningkatan kritik atas maraknya kasus penyuapan di pemerintahan Kenya.

Lima menteri yang dipecat itu yaitu menteri pertanian, menteri energi, menteri tenaga kerja, menteri pertanahan, dan menteri transportasi.

Mereka dipecat, tetapi tetap diberi gaji penuh. Sementara menteri lainnya mengundurkan diri pada Minggu lalu dengan alasan kesehatan saat parlemen menyelidiki dugaan penyalahgunaan keuangan di kementerian.

Salah satu pelanggarannya adalah pembelian satu unit televisi senilai 17.600 dollar AS atau Rp 240,9 juta dan satu kotak pena berisi 20 buah senilai 1.700 dollar AS atau Rp 23,2 juta.

Skandal korupsi di Kenya juga melibatkan pejabat auditor yang hanya bisa mempertanggungjawabkan satu persen dari belanja negara dan seperempat dari total APBN Kenya, yaitu 16 miliar dollar AS.

Skandal lain yang melibatkan pejabat kementerian di Kenya adalah perampasan tanah dan penipuan dalam pengadaan barang dan jasa milik pemerintah.

Selain itu, pejabat militer di Kenya juga dituduh berbagi hasil rampasan penyelundupan gula senilai 400 juta dollar AS ke kelompok Al Qaeda yang bertempur di Somalia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com