Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pendeta di Inggris Dilarang Pakai Facebook Enam Bulan

Kompas.com - 10/02/2015, 08:55 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Seorang pendeta di Inggris dilarang menggunakan Facebook selama enam bulan setelah menyertakan tautan tulisan yang mengklaim bahwa Israel adalah penyebab serangan 11 September di Amerika Serikat.

Pendeta Stephen Sizer, yang berasal dari Surrey, daerah di barat London, menaruh tautan tulisan tersebut di Facebook. Dalam artikel tersebut dikatakan bahwa penjelasan resmi tentang serangan 11 September "sama sekali tidak masuk akal".

Keuskupan Guildford mengatakan pandangan Sizer yang "anti-Zionis" membawa dampak buruk bagi gereja. Kesimpulan ini diambil setelah para pejabat di keuskupan melancarkan penyelidikan atas kasus ini.

Pendeta Sizer kemudian mencabut tautan tersebut dan meminta maaf karena menyebarkan tulisan itu.

Ia mengatakan tindakannya "tidak dipertimbangkan dengan baik dan menyesatkan."

Selain dilarang menggunakan Facebook selama ebam bulan, Sizer juga sepakat untuk menahan diri dalam mengomentari masalah-masalah Timur Tengah.

Wartawan BBC mengatakan di masa lalu Sizer pernah berselisih dengan para pemuka Yahudi terkait tulisan di blog tentang Israel dan Zionisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com