Kompas.com - 22/01/2015, 11:25 WIB
EditorEgidius Patnistik
BRUSSELS, KOMPAS.com - Kepala NATO Jens Stoltenberg, Rabu (21/1/2015), mengatakan, Rusia baru-baru ini telah meningkatkan aliran senjata berat dan peralatan ke Ukraina timur. Namun dia menolak untuk mengomentari tuduhan Kiev bahwa Rusia menempatkan 9.000 tentara di wilayah itu untuk membantu para pemberontak pro-Moskwa.

"Kami tidak akan mengemukakan jumlah tertentu atau angka," kata Stoltenberg ketika ditanya tentang pernyataan Presiden Ukraina Petro Poroshenko bahwa lebih dari 9.000 tentara Rusia kini berada di wilayah kaum separatis di timur.

Rusia telah memindahkan pasukan dan peralatan bolak-balik berulang kali tetapi baru-baru ini "kami telah melihat peningkatan peralatan Rusia di dalam wilayah Ukraina timur... seperti tank, artileri, kendaraan lapis baja dan sistem pertahanan udara canggih," kata Stoltenberg.

"Kehadiran militer Rusia ini... tidak memberikan kontribusi bagi solusi damai dan negosiasi," katanya. Dia sekali lagi menyerukan kepada Rusia untuk melaksanakan sepenuhnya perjanjian damai Minsk yang ditandatangani September.

Poroshenko mengatakan di Forum Ekonomi Dunia di Davos bahwa ada "lebih dari 9.000 tentara Federasi Rusia di wilayah saya, termasuk lebih dari 500 tank dan artileri berat dan pengangkut personel yang dipersenjatai".

Solusi bagi konflik "sangat sederhana," kata Poroshenko. Dia lalu mengutip ketentuan perjanjian Minsk, "Stop memasok senjata. Berhenti memasok amunisi. Tarik pasukan dan tutup perbatasan. Sebuah rencana perdamaian yang sangat sederhana."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.