Kompas.com - 19/01/2015, 20:44 WIB
EditorErvan Hardoko
NIAMEY, KOMPAS.com — Kepolisian Niger, Senin (19/1/2015), mengatakan, sebanyak 45 gereja dibakar selama protes menentang kartun Nabi Muhammad yang diterbitkan majalah Charlie Hebdo selama akhir pekan lalu.

Aksi protes di ibu kota Niamey yang menewaskan lima orang dan melukai 128 orang lainnya itu juga mengakibatkan sebuah sekolah dan panti asuhan Kristen dibakar. Demikian disampaikan juru bicara kepolisian Niger, Adily Toro.

Tak hanya itu, semua lokasi bisnis yang dimiliki atau terkait dengan warga Perancis turut menjadi target serangan. Bahkan, di banyak tempat, bendera tiga warna Perancis dibakar.

"Sebanyak 189 orang, termasuk dua anak-anak, ditahan. Pengunjuk rasa juga membakar sejumlah tempat lain, termasuk lima hotel dan 36 bar," lanjut Toro.

Pada Minggu (18/1/2015), sekitar 300 warga Niamey mengabaikan imbauan pemerintah untuk mengakhiri aksi protes. Mereka bahkan melempari polisi dengan menggunakan batu dan polisi membalas dengan tembakan gas air mata.

Gubernur Niamey, Hamidou Garba, mengatakan, 90 orang ditahan sepanjang hari Minggu. Media setempat mengabarkan, puluhan orang yang ditahan termasuk beberapa orang pemimpin oposisi.

Pemerintah Niger dan para ulama negeri itu sebenarnya sudah mengimbau warga untuk tetap tenang dan mengakhiri unjuk rasa dengan kekerasan.

"Jangan lupa, Islam menentang kekerasan. Saya menyerukan agar seluruh warga untuk bersikap tenang," ujar seorang ulama ternama Niger, Yaou Sonna, lewat televisi nasional.

Aksi unjuk rasa juga terjadi di kota terbesar kedua Niger, Zinder, yang mengakibatkan empat orang tewas dan 45 orang lainnya terluka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.